Advertisement

Gempa Kekuatan Magnitudo 3,3 Guncang Blitar

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 21 November 2021 - 09:17 WIB
Sunartono
Gempa Kekuatan Magnitudo 3,3 Guncang Blitar Ilustrasi seismograf. Alat ini merupakat perangkat yang mengukur dan mencatat gempa bumi. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Hari Minggu, 21 November 2021 pukul 04:02:39 WIB wilayah Blitar diguncang gempa tektonik.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter dengan magnitudo M=3.3. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 8.21 LS dan 112.33 BT , atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 15 km Tenggara Kabupaten Blitar Jawa Timur pada kedalaman 10 km.

Advertisement

Menurut Kepala Stageof Sleman Ikhsan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar lokal.

Guncangan gempabumi ini dirasakan di Karangkates II MMI *(Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang)*. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

Hingga hari Minggu, 21 November 2021 pukul 04.35 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan ( aftershock ).

"Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah," imbaunya dikutip dari laman media sosialnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Mudik Lebaran, Gunungkidul Bakal Dijejali 154.000 Kendaraan

Gunungkidul
| Kamis, 28 Maret 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement