Gatotkaca Turun ke Jalan Ajak Warga Pakai Masker dan Ikut Vaksinasi

Tokoh pewayangan Gatotkaca turun ke jalan di depan Mako Polres Magelang, Jumat (19/11/2021). - Ist/dok
19 November 2021 20:37 WIB Nina Atmasari News Share :

Harianjogja.com, MAGELANG – Tokoh pewayangan Gatotkaca turun ke jalan di depan Mako Polres Magelang, Jumat (19/11/2021). Ia memberikan sosialisasi pada masyarakat terkait protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Cuaca mendung tidak menyurutkan semangat Gatotkaca menyapa pengendara yang melintas di jalan raya tersebut. Bersama personel Satlantas Polres Magelang, mereka memberikan sosialisasi Operasi Zebra Candi 2021 dan memberikan paket bansos kepada pengendara.

Puluhan pengendara terutama roda dua diberhentikan oleh petugas untuk diberikan sosialisasi, masker dan paket Bansos. “Kegiatan ini dalam rangka Operasi Zebra Candi 2021 yang tujuannya adalah meningkatkan kesadaran masyarakat untuk terus menggunakan masker dan disiplin berlalulintas," kata Wakapolres Magelang Kompol Aron Sbastian di sela kegiatan.

Baca juga: Foto-foto Modular Pit Building WSBK 2021 Mandalika

Ia sengaja menampilkan tokoh wayang Gatotkaca untuk dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat. Menurut Aron, tokoh Gatotkaca selain menjadi ikon dari Polres Magelang juga karena Gatutkaca merupakan salah satu figur yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat.

Tokoh ini diharapkan memberi inspirasi pada masyarakat. "Gatotkaca yang otot kawat balung besi saja pakai masker, sudah selayaknya tanpa diingatkan demi kebaikan bersama kita juga harus memakai masker," katanya.

Mereka juga mengkampanyekan vaksinasi kepada masyarakat untuk dapat sesegera mungkin menciptakan herd imunity di Kabupaten Magelang. Aron menambahkan jika kegiatan tersebut ke depan akan terus rutin dilakukan.

Baca juga: BPOM Keluarkan Izin Pemakaian Vaksin Covovax

Dalam kegiatan tersebut, sebanyak 50 paket bingkisan sembako dibagikan kepada pengguna jalan, meskipun hujan sudah mulai turun waktu itu. Selain itu, petugas juga memberikan edukasi tentang tertib berlalu lintas.

"Saat ini kami fokuskan dalam tindakan preventif dan pre emtif. Namun jika terlihat pelanggaran secara kasat mata akan langsung kami tindak di tempat menggunakan aplikasi dari Ditlantas Polda Jateng," katanya.

Salah satu warga yang melintas, Fitria,26 asal Kecamatan Mungkid mengatakan jika sosialisasi terkait protokol kesehatan dan keselamatan berlalulintas perlu dilakukan kepada masyarakat. Namun menurutnya menggunakan cara-cara yang menarik.

"Cara sosialisasi Operasi Zebra Candi 2021 ini menarik karena ada tokoh Gatotkaca dan disertai pemberian bansos kepada warga. Cara seperti ini yang dapat menarik simpatik masyarakat," katanya.

Dirinya berharap kedepan Polres Magelang lebih sering melakukan tindakan sosialisasi dengan cara kreatif untuk memberikan pemahaman terkait kesehatan serta aturan lalulintas kepada masyarakat di Kabupaten Magelang. (Nina Atmasari)