Khofifah Siap Terima Kritik Mahasiswa

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. - Ist.
08 November 2021 11:27 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menjadikan Ikatan Keluarga Pelajar Mahasiswa (IKPM) sebagai partner yang mampu memberikan kritik membangun untuk daerahnya. Hal itu disampaikan di sela-sela pengukuhan IKPM Jawa Timur di Yogyakarta Minggu (7/11/2021).

Khofifah menganggap para pelajar dan mahasiswa asal Jawa Timur yang sedang menimba ilmu di berbagai kota di Indonesia merupakan social capital. Ia berharap berbagai program dan kebijakan yang sedang dijalankan daerahnya dapat diperhatikan para mahasiswa untuk kemudian memberikan respons.  

“Ini kan IKPM Jogja kami berharap bisa menjadi partner yang kritis jadi mereka, bisa mengkritik berbagai program yang sedang dijalankan kami lakukan. Kami akan sangat terbuka menerima kasukan rekomendasi termasuk kritik dari elemen yang ada,” kata mantan Mensos ini.

BACA JUGA : Khofifah Optimistis Jatim Bisa Kalahkan Covid-19

Ia menambahkan IKPM Jatim yang ada DIY diharapkan dapat disambungkan dengan IKPM yang ada di provinsi lain, seperti ada Jawa Barat dan Jawa Tengah. Harapannya jika berbagai ide dipersatukan akan memberikan manfaat bagi daerah.

“Ini social capital luar biasa, kalau bisa bersinergi tentu akan bisa menjadi kekuatan berbagai kualitas SDM yang dibutuhkan untuk membangun Jawa Timur hari ini dan yang akan datang,” katanya.

Penasehat IKPM Jawa Timur Gus Muwafiq menyatakan mahasiswa harus memberikan sumbangsih sesuai kemampuannya terhadap daerah. Menurutnya, boleh saja mahasiswa melakukan demonstrasi tetapi harus memiliki dasar referensi yang kuat sebelum menyampaikan aspirasi.

“Terpenting bagaimana mahasiswa bisa mengabdikan diri kepada masyarakat dan bermanfaat bagi masyarakat,” katanya.