Pemerintah Siapkan Aplikasi Proaktif Tracing Cegah Covid-19 Saat Pembelajaran Tatap Muka

Sejumlah siswa mengikuti kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas di SDN Lenteng Agung 07, Jakarta, Senin (27/9/2021). - Antara
01 November 2021 15:07 WIB Aprianus Doni Tolok News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA—Pemerintah berencana meluncurkan aplikasi Proaktif Tracing sebagai upaya antisipasi munculnya Covid-19 saat pembelajaran tatap muka (PTM).

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyampaikan, bahwa aplikasi tersebut dikembangkan oleh Kementerian Kesehatan bekerja sama dengan Kemenristekdikti, dan Kementerian Agama.

“Aplikasi ini akan terintegrasi dengan PeduliLindungi,” katanya dalam konferensi pers, dikutip dari YouTube Selretariat Presiden, Senin (1/11/2021).

Adapun, hingga saat ini pemerintah masih mewajibkan penggunaan aplikasi PeduliLindungi bagi kepada masyarakat dalam melakukan kegiatan di fasilitas publik.

Terkait penyelenggaran PTM, pemerintah mensyaratkan tenaga kependidikan sekolah penyelenggara sudah divaksinasi selain penyiapan sarana-prasarana penunjang prokes dan syarat-syarat lainnya. Namun, berdasarkan kabar terkini, pemerintah tengah mengujicobakan PeduliLindungi di lingkungan sekolah penyelenggara PTM terbatas.

Chief Digital Transformation Office (DTO) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Setiaji menyebut, bahwa saat ini Kemenkes terus berkoordinasi dengan Kemendikbudristek untuk mematangkan penggunaan Pedulilindungi di sekolah, khususnya bagi peserta didik yang masuk ke sekolah saat PTM.

"Biasanya siswa tidak diperkenankan membawa ponsel. Oleh karena itu, kami bekerja sama dengan Kemendikbud secara insentif, bahwa prosesnya di balik, kami akan memberikan sistem back end kami," katanya beberapa waktu lalu.

Sumber : JIBI/Bisnis.com