Advertisement

Pindah ke Agama Hindu, Sukmawati Soekarnoputri Mengaku Kembali ke Agama Leluhur

Newswire
Kamis, 28 Oktober 2021 - 22:27 WIB
Bhekti Suryani
Pindah ke Agama Hindu, Sukmawati Soekarnoputri Mengaku Kembali ke Agama Leluhur Sukmawati Soekarnoputri. (Okezone)

Advertisement

Harianjogja.com, GIANYAR-Sukmawati Soekarnoputri kini memilih memeluk agama Hindu.

Putri mantan Presiden Indonesia Soekarno itu mengatakan salah satu alasannya pindah ke Hindu karena merupakan agama leluhurnya.

Advertisement

Bahkan, Sukmawati mengaku ketertarikan terhadap Hindu sudah ada sejak 66 tahun lalu. Nenek Sukmawati atau ibu Soekarno, Ida Ayu Nyoman Rai merupakan pemeluk agama Hindu yang berasal dari Singaraja.

“Kurang lebih 66 tahun proses saya memutuskan kembali ke agama leluhur,” kata Sukmawati usai prosesi sudhi wadani pada Selasa 26 Oktober 2021. Prosesi peralihan kepercayaan ke agama hindu dilaksanakan di Banjar Bale Agung Buleleng yang merupakan rumah mendiang nenek Sukmawati. Dalam upacara sudhi wadani ini, nama Hindu Sukmawati adalah Ratu Niang Sukmawati.

Selain itu, Sukmawati menjelaskan bahwa dirinya memilih untuk pindah kepercayaan dari agama Islam ke agama Hindu karena merasa tertarik dengan budayanya, terutama tertarik dalam seni tariannya.

BACA JUGA: Peserta BP Jamsostek Bisa Nikmati KPR BTN hingga Rp500 Juta

Sukmawati juga mengatakan bahwa ketertarikannya dengan seni budaya Hindu Bali sudah sejak kecil dirasakannya. Ia pun mengaku tertarik belajar menari bali, khususnya Tari Topeng dan sempat pentas. Dalam waktu ke depan, Sukmawati akan tinggal sementara di istana Presiden Tampaksiring sembari mengurus surat-surat kependudukan.

Artikel ini telah tayang di https://nasional.okezone.com/ dengan judul "Pindah ke Agama Hindu, Sukmawati: Saya Kembali ke Agama Leluhur : Okezone Nasional".

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Panglima TNI Kaji Penunjukan Perwira Aktif Jadi Penjabat Bupati

Jogja
| Rabu, 25 Mei 2022, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Arti 4 Prasasti yang Tertempel di Tugu Jogja

Wisata
| Senin, 23 Mei 2022, 14:27 WIB

Advertisement

Advertisement