Advertisement

Bencanapedia.id Gelar Pelatihan Menulis Wiki

Media Digital
Minggu, 17 Oktober 2021 - 10:57 WIB
Sunartono
Bencanapedia.id Gelar Pelatihan Menulis Wiki Ilustrasi Buku - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Dalam rangka peringatan Hari Penanggulangan Risiko Bencana (PRB) 13 Oktober 2021 yang selama ini diprakarsai oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), portal kebencanaan Bencanapedia.id turut berpartisipasi dengan menggelar Pelatihan Penulisan.

Keempat lembaga inisiator, Pujiono Centre, Yayasan Umar Kayam, Pusat Studi dan Manajemen Bencana (PSMB) UPN Veteran Yogyakarta, dan Perkumpulan Lingkar mendukung pelatihan menulis daring tersebut.

Advertisement

Pelatihan yang diikuti oleh 54 penggiat kebencanaan, lembaga swadaya masyarakat, dan warga masyarakat tersebut, mengetengahkan dua materi latih dari tim redaksi. Pembicara teknik penulisan ilmiah populer oleh Ben Antono dan teknik penulisan wikipedia oleh Yugyasmono.

Sebagai media pertukaran dan pengembangan pengetahuan kebencanaan yang dinisiasi sejak 2013, kini Bencanapedia terus mengembangkan relawan atau kontributor penulisan. Pelatihan dalam dua sesi, paparan dan praktik menulis wikipedia ini, sukses dilaksanakan pada Sabtu, 16 Oktober 2021. Acara dibuka oleh pemimpin redaksi Bencanapedia.id, F. Asisi S. Widanto.

"Modal utama Bencanapedia.id adalah kolaborasi seluruh pihak yang menulis secara sukarela dan pro bono. Kita semua semata-mata mendedikasikan waktu dan pikiran untuk ilmu pengetahuan terkait penanggulangan bencana. Kami bercita-cita Bencanapedia.id menjadi portal web rujukan pertama bagi masyarakat dalam mencari pengetahuan terkait bencana," ujar ketua panitia, Gandar Mahojwala dalam sambutannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Usulan Formasi PPPK-CPNS 2024 Disetujui Pusat, Pemkab Bantul: Kami Tunggu Kepastian Alokasinya

Bantul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 16:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement