Demi Bayar Pajak Warisan, Istri Mendiang Bos Samsung Jual Saham

Lee Kun-hee - Bloomberg
09 Oktober 2021 18:17 WIB Hadijah Alaydrus News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Hong Ra-hee, istri mendiang Bos Samsung Group Lee Kun-hee, berencana menjual saham di Samsung Electronics Co. untuk membantu membayar tagihan pajak warisan yang bernilai 12 triliun won atau US$10 miliar.

Hong menandatangani perjanjian kepercayaan dengan Kookmin Bank pada 5 Oktober 2021 untuk melepaskan 19,9 juta saham, atau 0,33 persen saham di Samsung Electronics untuk membayar pajak warisan.

Hal ini terungkap pada Jumat (8/10/2021). Saham tersebut bernilai sekitar 1,4 triliun won, atau US$1,2 miliar, berdasarkan harga penutupan hari Jumat kemarin sebesar 71.500 won.

Hong yang berusia 75 tahun mewarisi sekitar 83 juta saham di Samsung Electronics Co. dan ini menjadikannya sebagai pemegang saham individu terbesar di raksasa teknologi dengan 2,3 persen saham. Hong adalah wanita terkaya di Korea Selatan dengan kekayaan bersih US$7,4 miliar, menurut Bloomberg Billionaires Index Mei lalu.

Keluarga mending Lee telah mengumumkan rencananya untuk membayar tagihan pajak warisan sebesar US$10,7 miliar dan akan menyumbangkan 1 triliun won untuk fasilitas medis dan menyumbangkan sekitar 23.000 karya seni, termasuk karya Pablo Picasso dan Claude Monet.

Hong memimpin museum Leeum Samsung, yang menampung karya-karya seperti "Untitled (Black Figure)" karya Jean-Michel Basquiat dan "Two Candles" karya Gerhard Richter. Hong mengundurkan diri sebagai direktur pada tahun 2017, dan belum mengambil peran manajemen di Samsung hingga saat ini.

Sumber : JIBI/Bisnis.com