Advertisement

PON XX Papua, Jokowi: Panggung Persatuan, Kebersamaan, dan Persaudaraan

Newswire
Minggu, 03 Oktober 2021 - 02:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
PON XX Papua, Jokowi: Panggung Persatuan, Kebersamaan, dan Persaudaraan Presiden Joko Widodo (Jokowi). - Ist/ dok Biro Pers Setpres

Advertisement

Harianjogja.com, PAPUA-Presiden Jokowi menyebut Pekan Olahraga Nasional atau PON XX sebagai gambaran adanya kemajuan Papua. PON XX menurut presiden juga menunjukkan kesiapan infrastruktur di tanah Papua dan kesiapan masyarakat dalam menyelenggarakan acara besar untuk berprestasi di kancah nasional dan internasional.

"PON ini juga punya makna besar bagi seluruh masyarakat Indonesia. PON ini adalah panggung persatuan, panggung kebersamaan, panggung persaudaraan. PON ini adalah panggung kesetaraan dan panggung keadilan untuk maju bersama, sejahtera bersama dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia," kata Jokowiembuka PON XX di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, Sabtu (2/10/2021).

Advertisement

Jokowi yang membuka PON XX di Stadion Lukas Enembe mengatakan bahwa stadion yang sangat megah itu bukan satu-satunya simbol kemajuan Papua.

"Konektivitas laut, konektivitas darat, konektivitas udara, bandara, pelabuhan, jalan lintas Papua serta pengembangan SDM Papua merupakan capaian-capaian lain dari kemajuan Papua yang sangat membanggakan ini," ujar Jokowi.

Baca juga: Viral Video Percakapan Telepon Bupati Sleman Tuntut Dirut PSS Marco Minta Maaf, Ini Lengkapnya

Sebelumnya, Jokowi resmi membuka penyelanggaraan PON XX Papua. Pembukaan itu disampaikan langsung Jokowi di Stadion Lukas Enembe, Jayapura.

Jokowi berharap penyelenggaraan PON ke-20 itu dapat dirayakan dengan suka cita. Selin itu Jokowi berpesan kepada para atlet yang bertanding untuk selalu menjujung sportivitas.

"Saudara-saudara yang berbahagia marilah kita rayakan PON ini dengan penuh suka cita, menjunjung tinggi sportivitas, mempererat tali persaudaraan, kebersamaan, kesetaraan serta persatuan dan kesatuan bangsa," kata Jokowi dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden.

Sebelum membuka secara resmi, Jokowi mengajak seluruh masyarakat untuk memiliki keyakinan bahwa kemajuan Papua akan berjalan cepat.

"Yakinlah kemajuan Papua akan berjalan cepat. Mari kita tunjukan partisipasi kita untuk menjamin keberhasilan PON ke-20 ini," kata Jokowi.

"Dengan mengucap Bismillahhirrahmanirrahim dengan nama Tuhan Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, Pekan Olahraga Nasional PON ke-20 Papua secara resmi saya nyatakan dibuka," ujar Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Prediksi Cuaca Jogja dan Sekitarnya Sabtu 27 April 2024: Hujan Sedang di Siang Hari

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 05:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement