Advertisement

Personel POM TNI AD Diminta Berikan Layanan Terbaik sebagai Wujud Jiwa Profesional

Media Digital
Sabtu, 04 September 2021 - 10:57 WIB
Sunartono
Personel POM TNI AD Diminta Berikan Layanan Terbaik sebagai Wujud Jiwa Profesional Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana menyerukan agar setiap personel Polisi Militer Angkatan Darat (Pomad) selalumemberikan pelayanan terbaik. - Ist.

Advertisement

Harianjogja.com, SURABAYA--Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana menyerukan agar setiap personel Polisi Militer Angkatan Darat (Pomad) selalu memberikan pelayanan terbaik. Hal ini muncul dari jiwa-jiwa yang luar biasa dan terbaik sebagai Pomad yang profesional.

Penegasan itu disampaikan doktor Komunikasi dari Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran (Fikom Unpad) Bandung itu saat melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi di hadapan para prajurit Pomad dan pengurus serta anggota Persit di lingkungan Pomdam V/Brawijaya yang juga diikuti prajurit dari Denpom V/4 Surabaya di Gedung Aula Mapomdam V/Brawijaya, pada Senin (30/8/2021) lalu.

Advertisement

Kegiatan itu dihadiri langsung oleh Komandan Polisi Militer Kodam (Danpomdam) V/Brawijaya Kolonel Cpm Moh. Sawi dan istri Ny Hikmah Sawi beserta Dandenpom V/4 Surabaya Letkol Cpm David Medion. Topiknya "Pomad yang Profesional dan Adaptif".

BACA JUGA : Motivator Nasional Aqua Dwipayana Beri Semangat

Di tengah jadwalnya sangat padat, Aqua tetap semangat setiap melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi. Hal itu membuat para peserta antusias dan banyak yang bertanya saat sesi tanya-jawab.

Ia mengatakan bertugas setiap personel Pomad harus senantiasa menjaga nama baik korps Pomad. Terpenting, memiliki jati diri dan harga diri yang harus dipertahankan dan dilestarikan sepanjang masa, selalu, dan selama-lamanya. Kunci keberhasilan dalam penugasan bagi prajurit adalah dapat diterima dan mendapatkan tempat di hati rakyat, dengan menjadi contoh dan teladan bagi mereka. 

“Prajurit Pomad harus profesional dalam pengabdian kepada bangsa dan negara. Setiap prajurit bersikap ramah-tamah kepada rakyat dan membantu masyarakat. Itu sesuai dengan salah satu komitmen yang ada dalam Delapan Wajib TNI,” katanya. 

Delapan Wajib TNI 

Kemudian dosen luar biasa bidang Komunikasi di semua Sekolah Staf dan Komando (Sesko) meminta salah seorang peserta ke depan untuk menyebutkan Delapan Wajib TNI.

Selesai menyebut Delapan Wajib TNI satu-persatu, seperti biasanya Dr Aqua memberikan hadiah sejumlah uang kepada peserta yang beruntung. Sedangkan seluruh yang hadir  bertepuk tangan memberi apresiasi.

"Jika kita menyimak Delapan Wajib TNI yang tadi disampaikan teman kita maka para prajurit TNI jangan pernah menakuti dan menyakiti hati rakyat. Sebaliknya berusaha secara optimal membantu kesulitan saudara-saudara kita tersebut,"  ujarnya.

Pria yang sudah mengumrahkan gratis lebih dari 150 orang dari berbagai kalangan dari hasil penjualan buku "super best seller" karyanya yang berjudul "The Power of Silaturahim: Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi" itu menegaskan di manapun serta kapanpun bertugas, setiap personel Pomad harus bisa menjaga nama baik korps Pomad. Hal itu dilakukan dengan selalu mengedepankan jati diri dan harga diri yang harus dipertahankan dan dilestarikan sepanjang masa, selalu, dan selama-lamanya.

Salah satu upaya agar dapat diterima dengan baik di lingkungan kerja, rumah, dan khususnya masyarakat, maka setiap prajurit harus  memperkuat kemampuan komunikasinya. Membangun komunikasi efektif dapat dilakukan dengan berusaha untuk selalu menggunakan bahasa yang baik dan mengedepankan sopan santun.

BACA JUGA : Aqua Optimistis 2 Bukunya Bakal Best Seller, 2 Pekan Sudah

“Selain itu, kita juga harus mempelajari konsep bahasa nonverbal sehingga dalam setiap proses komunikasi kita dapat menyampaikan dan menerima pesan komunikasi secara efektif. Dengan begitu berkomunikasi dengan siapapun selalu lancar,” ujar mantan wartawan di banyak media besar itu.

Dr Aqua mengungkapkan untuk menggapai keberhasilan dalam kehidupan, seseorang tidak bisa hanya mengandalkan pada kecerdasan berpikir. Membutuhkan hal lainnya.

“Keberhasilan dan kebahagiaan dalam hidup hanya bisa diperoleh lewat kecerdasan komunikasi dan kecerdasan hati. Oleh karena itu, setiap kalangan termasuk prajurit dituntut  mengasah kemampuan komunikasi secara komprehensif tanpa harus belajar secara formal,” papar anggota Dewan Pakar Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) Pusat itu.

Untuk mencapai efektivitas komunikasi, menurut Dr Aqua yang semakin padat jadwal kegiatannya di masa pandemi Covid-19 ini, personel Pomad harus dapat menjalankan rumus REACH Plus AC. Hal ini mengacu pada lima aspek yakni “Respect” atau perhatian yaitu di mana saja, kapan pun, kepada siapa pun selalu menghormati, jangan pernah meremehkan.

"Ketika ada orang yang meremehkan seseorang maka dia akan berhadapan sama Tuhan sebagai pencipta seluruh manusia. Jika itu terjadi pasti orang tersebut bakal mengalami berbagai cobaan yang merupakan peringatan dari Tuhan," ucapnya.

Kemudian tambahnya, “Empathy” atau bisa menempatkan diri yaitu bagaimana merasakan apa yang dirasakan orang lain. Melayani dengan optimal dan standar, tidak ada perbedaaan atau diskriminasi.

“Selanjutnya "Audible" atau mudah dimengerti yaitu semua yang disampaikan gampang dipahami. "Clarity" atau kejelasan pesan yang diutarakan dengan mengutamakan etika dan kesantunan dalam berkomunikasi. Terakhir, "Humble" atau rendah hati. Tidak ada yang perlu disombongkan oleh setiap manusia.

"Semua itu perlu dilengkapi dengan huruf "AC" yakni "Action" atau Tindakan nyata dan cepat serta "Consistency" atau Konsistensi yang dilakukan secara terus-menerus," katanya.

Bulan Madu ke Bali

Saat melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi di Denpom V/3 Malang, tiba-tiba Dr Aqua menanyakan siapa di antara peserta yang dalam waktu dekat akan melaksanakan masa persiapan pensiun (MPP). "Saya mau memberikan hadiah  jalan-jalan ke Bali kepada peserta yang dalam waktu dekat MPP. Ke sananya bareng pasangannya. Jadi sekaligus bulan madu," ujar Dr Aqua sambil tersenyum.

Dari kursi belakang Kopka Heru Prasetyo tunjuk tangan. Kemudian Dr Aqua memintanya ke depan. Menanyakan kapan MPPnya?

"Saya MPP bulan depan, Oktober 2021. Rencananya mau beternak ayam," terang Heru.

Mendengar itu Dr Aqua memberikan apresiasi. Meminta semua peserta mencontoh Heru yang telah merencanakan aktivitasnya selama pensiun.

BACA JUGA : Aqua Dwipayana: Komunikasi Senjata Utama Prajurit TNI

"Dulu Pak Heru dan istri bulan madu di mana? Jika saat menikah belum sempat bulan madu, saya mau memberikan hadiah bulan madu ke Bali. Nanti saya belikan tiket pesawat pergi pulang dan selama di sana menginap di hotel berbintang," papar Dr Aqua yang disambut tepuk tangan seluruh yang hadir.

Heru mengatakan senang mendapat hadiah tersebut. Apalagi istrinya Halimah berasal dari Denpasar, Bali.

"Meski istri Pak Heru berasal dari Bali, namun saat Bapak dan Ibu pulang kampung ke sana tetap saya siapkan penginapan di hotel berbintang," jelas Dr Aqua sambil meminta Heru video call kepada istrinya untuk mengabarkan berita gembira tersebut.

Kemudian Heru segera mengambil telefon gengggam dari kantungnya dan menghubungi istrinya. Sementara sebagian peserta mencandai Heru. Sedangkan Dandenpom V/3 Malang Mayor Cpm Yudho

Meminta Menyimak

Danpomdam V/Brawijaya Kolonel Cpm Moh. Sawi dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Dr Aqua yang di tengah jadwalnya yang padat memprioritaskan untuk melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi di jajaran Pomdam V/Brawijaya. Kehadirannya sangat memberikan manfaat kepada semua peserta.

"Saudara saya, Pak Aqua selama dua hari di Jawa Timur, Senin dan Selasa, tanggal 30 dan 31 Agustus 2021 melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi sebanyak empat sesi. Selain di Surabaya, beliau juga melakukan hal serupa di Denpom Malang, Mojokerto, dan Madiun. Selain itu satu sesi lainnya di Rumah Sakit Ibu dan Anak Hikmah Sawi Bangkalan. Kehadiran Pak Aqua di semua kota itu telah dinantikan teman-teman," jelas Sawi yang berasal dari Bangkalan, Madura.

Tujuan acara ini terang Sawi, memberikan pengetahuan, wawasan, ilmu, dan pengalaman tentang komunikasi kepada semua peserta. Di samping itu juga memotivasi mereka agar selalu semangat melaksanakan semua pekerjaanny

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Stok dan Jadwal Donor Darah di Jogja Hari Ini, Jumat 19 April 2024

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement