Advertisement

Biden: Saya Tidak Akan Memperpanjang Perang Selamanya

John Andhi Oktaveri
Rabu, 01 September 2021 - 11:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Biden: Saya Tidak Akan Memperpanjang Perang Selamanya Presiden Amerika Serikat Joe Biden - Bloomberg

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menegaskan telah  mengambil keputusan yang "bijaksana" untuk meninggalkan Afghanistan dengan menolak mengirim generasi lain untuk berperang dalam "perang selamanya."

Keberangkatan traumatis dari Afghanistan, yang  berakhir pada Senin(30/8/2021) setelah 20 tahun perang melawan Taliban, adalah "keputusan yang bijaksana dan keputusan terbaik untuk Amerika Serikat," kata Biden dalam sebuah pidato sebagaimana dikutip ChannelNewsAsia.com, Rabu (1/9/2021).

Advertisement

Setelah mendapat kecaman dari lawan-lawan Partai Republik atas pemberangkatan yang kacau dan terburu-buru keluar dari Afghanistan, Biden mengatakan, dia seharusnya melakukan apa yang seharusnya dilakukan beberapa tahun yang lalu.

"Saya tidak akan memperpanjang perang selamanya ini dan saya tidak memperpanjang jalan untuk keluar negara tersebut aàselamanya," katanya.

Evakuasi adalah "keberhasilan luar biasa", ujar Biden, saat berbicara di ruang makan Gedung Putih yang penuh hiasan.

Dia sempat menggebrak podium ketika memerinci biaya perang yang luar biasa. Lebih dari 2.400 anggota militer AS tewas dan menghabiskan hingga US$2,3 triliun, namun berakhir dengan kembalinya gerilyawan Taliban berkuasa.

Saya bertanggung jawab atas keputusan ini, katanya.

"Saya membuat komitmen kepada rakyat Amerika Serikat bahwa saya akan mengakhiri perang ini. Hari ini, saya menghormati komitmen itu. Sudah waktunya untuk jujur," lanjut Biden.

Setelah 20 tahun di Afghanistan dirinya menolak mengirim generasi putra dan putri Amerika Serikat lainnya untuk berperang.

Setelah dua minggu penerbangan evakuasi, upaya besar tersebut dicemari oleh bom bunuh diri yang menewaskan 13 anggota militer AS dan sejumlah warga Afghanistan. Biden pun menghadapi serangkaian kritik di dalam negeri.

Mengakhiri perang besar terakhir setelah tragedi 9/11 adalah salah satu janji kampanye Biden. Ide itu sangat populer hingga dirinya terpilih menjadi presiden.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com Jumat 19 April 2024, Timnas Indonesia Kalahkan Australia, Bus Terbakar di Gamping

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement