Advertisement

Uji Coba Prokes Pertandingan Liga 1 Akan Dimulai, Satgas: Wajib Skrining!

Rayful Mudassir
Rabu, 25 Agustus 2021 - 04:27 WIB
Sunartono
Uji Coba Prokes Pertandingan Liga 1 Akan Dimulai, Satgas: Wajib Skrining! Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Pemerintah akan menerapkan uji coba penerapan protokol kesehatan pada pertandingan sepakbola Liga 1 di DKI Jakarta pada 27 – 29 Agustus 2021. Pertandingan itu akan digelar saat Ibu Kota tengah menerapkan PPKM Level 3.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan bahwa uji coba dilakukan pada tiga pertandingan yang akan diselenggarakan di Ibu Kota. Satgas juga memberikan sejumlah syarat pada penyelenggaraan tersebut.

BACA JUGA : Sebelum Lebaran, PSS Masih Sisakan satu Uji Coba Lawan 

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

“Untuk menjamin keamanan seluruh pemain dan official, kru media dan staf pendukung wajib skrining kesehatan dengan [aplikasi] Peduli Lindungi,” kata Wiku saat konferensi pers virtual, Selasa (24/8/2021).

Selain itu, Satgas menegaskan bahwa tidak ada penonton selama pertandingan berlangsung. Penonton dilarang menyaksikan langsung pertandingan di lapangan maupun menggelar nonton bareng.

Di sisi lain, pemerintah kian menggalakkan penggunaan aplikasi Peduli Lindungi. Teranyar, aplikasi ini akan diterapkan pada pegawai atau pekerja pada sektor logistik, transportasi dan distribusi.

“Terutama untuk kebutuhan pokok masyarakat, makanan dan minuman serta penunjangnya termasuk ternak, hewan peliharaan, semen dan bahan bangunan, konstruksi dan utilitas dasar,” katanya.

BACA JUGA : Liga 1 Kembali Bergulir 5 Oktober, PS Tira Batal Gelar Uji Coba

Sementara itu, pada sektor non-esensial, pekerja dapat menggunakan sistem ini setelah mendapatkan rekomendasi dari kementerian teknis.

Advertisement

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengimbau para supporter sepak bola tidak datang ke stadion meski pemerintah telah mengeluarkan izin pelaksanaan Liga 1 dan 2.

Imbauan itu diungkapkan oleh Luhut saat menggelar konferensi pers terkait evaluasi pelaksanaan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) malam ini.

“Mari kita mendukung klub masing-masing dan menikmati jalannya pertandingan dari rumah saja,” kata Luhut, Senin (23/8/2021).

Advertisement

Luhut memaparkan bahwa dalam pelaksanaan PPKM ke depan, pemerintah akan melakukan uji coba protokol kesehatan pada  pertandingan Sepak Bola Liga 1 yang akan dilakukan pada tanggal 27-29 Agustus 2021.

BACA JUGA : Uji Coba Lawan Tim Selevel dan Liga 1 Belum Jelas, PSIM 

Pertandingan akan dilakukan di provinsi DKI Jakarta tanpa penonton dengan maksimal 3 pertandingan. Sama halnya dengan pusat perbelanjaan, mal dan industri, protokol kesehatan yang ketat akan diterapkan. “Penggunaan Aplikasi Peduli Lindungi juga akan digunakan,” jelasnya.

Sebelumnya, Polri telah mengizinkan penyelenggaraan Liga 1 dan Liga 2 di tengah pandemi Covid-19 dengan sejumlah syarat. Syarat itu harus dipatuhi dan dijadikan pedoman oleh operator Liga.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

FKKSS Siapkan Aplikasi DIY SIPP untuk Sekolah Swasta

Jogja
| Rabu, 05 Oktober 2022, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement