50.000 Dosis Disiapkan untuk Vaksinasi Door to Door

Kepala BIN, Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan saat melakukan peninjauan vaksinasi. - Ist.
12 Agustus 2021 09:57 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA—Sebanyak 50.000 dosis vaksin Covid-19 disiapkan untuk melakukan vaksinasi secara door to door pada 14 provinsi di Indonesia. Vaksinasi lanjutan yang digelar Badan Intelijen Negara (BIN) ini menyasar daerah yang masuk dalam zona merah.

Kepala BIN Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan menjelaskan, dalam vaksinasi lanjutan ini secara door to door ini BIN menyiapkan 50.000 dosis vaksin Covid-19. Pelaksanaan vaksinasi ini secara prioritas menyasar para pelajar dan masyarakat di lingkungan padat penduduk.

BACA JUGA : Pemkot Jogja Setop Pemberian Vaksin Dosis Pertama

"Kami mulai lagi untuk vaksinasi lanjutan, dengan menyiapkan sekitar 50.000 dosis vaksin untuk menyasar masyarakat di 14 provinsi," ujar Budi Gunawan di Banten, Kamis (12/8/2021).

Adapun 14 provinsi tersebut antara lain DIY, Bali, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Kalimantan Timur, Riau, Sulawesi Selatan, Papua, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Ia menambahkan vaksinasi secara door to door dinilai sangat efektif karena dapat menjangkau masyarakat yang tinggal di kawasan padat penduduk, bahkan sampai di daerah pelosok. Vaksinasi lanjutan ini dilakukan di daerah yang mengalami lonjakan kasus virus corona.

"Kita pastikan menyasar pada titik tertentu dengan melihat lonjakan angka positif ratenya cukup tinggi dan sudah menjadi zona hitam atau merah," katanya.

BACA JUGA : Percepat Vaksinasi, DIY Targetkan 70% Warga Divaksinasi

Kemudian alasan menyasar kalangan pelajar, karena para pelajar merupakan generasi penerus bangsa dan negara. Sehingga vaksinasi terhadap pelajar ini masih menjadi prioritas.