Advertisement

Menkes Siapkan Roadmap Hidup Berdampingan dengan Covid-19, Ada 6 Sektor Bakal Diatur

Feni Freycinetia Fitriani
Selasa, 10 Agustus 2021 - 05:57 WIB
Sunartono
Menkes Siapkan Roadmap Hidup Berdampingan dengan Covid-19, Ada 6 Sektor Bakal Diatur Menkes Budi Gunadi Sadikin memberikan keterangan pers usai Rapat Terbatas, Senin (10/05/2021), di Jakarta - Humas Setkab - Rahmat

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menyiapkan peta jalan (roadmap) agar masyarakat bisa hidup berdampingan dengan virus Covid-19. Simak 6 sektor kegiatan masyarakat yang akan diatur.

Dia mengaku mendapat arahan langsung dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menyebutkan bahwa masyarakat Indonesia akan hidup cukup lama dengan virus Covid-19.

BACA JUGA : Jogja Akan Hadapi New Normal, Langkah Apa Saja yang

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

"Bapak Presiden memberikan arahan bahwa ke depannya mungkin besar bhawa virus ini [Covid-19] akan hidup cukup lama dengan kita. Maka dari itu, kita harus memiliki roadmap kalau memang virus ini hilangnya membutuhkan waktu sampai tahunan," katanya dalam konferensi pers daring, Senin (9/8/2021).

Dia mengatakan bahwa Presiden Jokowi mengingatkan agar protokol kesehatan yang dimiliki saat ini bisa menjaga masyarakat untuk tetap hidup normal menjalankan aktivitas ekonomi. Namun, dengan kondisi yang lebih aman.

Selain itu, Budi Gunadi juga mengatakan siap melakukan instruksi Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjdaitan serta Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

Kedua menteri tersebut, kata Menkes, mengarahkan agar protokol kesehatan yang nantnya mendampingi kehidupan masyarakat ke depan benar-benar bisa praktis, bisa juga digital atau berbasis information technology, dan bisa mengamankan kehidupan kita sehari-hari.

BACA JUGA : Belum Ada Prediksi Waktu Pandemi Berakhir, Ini Saran

Bukan itu saja, Budi Gunadi mengatakan Presiden Jokowi telah memutuskan nantinya akan menggunakan Pedulilindungi sebagai dasar penerapan protokol kesehatan.

Advertisement

"Kita rencana mulai [pilot project] minggu depan, mulai beberapa mal bekerja sama dengan asosiasi mall di indonesia. Kita juga sudah mengintegrasikan dengan transportasi udara. Dimana teman2 wartawan sudah merasakan, setiap kali check in akan langsung ketahuan status vaksinasi dan PCR secara digital/otomatis," jelasnya.

Berikut 6 sektor yang akan diatur dalam roadmap masyarakat Indonesia untuk hidup berdampingan dengan virus Covid-19:

1. Perdagangan. Termasuk erdagangan modern (mall, dept store) dan tradisional (pasar basah atau toko-toko kelontong)
2. Kantor dan kawasan industri
3. Transportasi (darat, laut, udara)
4. Pariwisata, hotel, restoran, event
5. Keagamaan
6. Pendidikan.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Hanya Bayar Rp12.000 per Bulan, Warga Desa di Kulonprogo Bisa Nikmati Listrik Tanpa Batas

Kulonprogo
| Minggu, 25 September 2022, 08:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendekar Roti Kolmbeng Terakhir di Jogja

Wisata
| Sabtu, 24 September 2022, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement