Advertisement

Menkes Siapkan Roadmap Hidup Berdampingan dengan Covid-19, Ada 6 Sektor Bakal Diatur

Feni Freycinetia Fitriani
Selasa, 10 Agustus 2021 - 05:57 WIB
Sunartono
Menkes Siapkan Roadmap Hidup Berdampingan dengan Covid-19, Ada 6 Sektor Bakal Diatur Menkes Budi Gunadi Sadikin memberikan keterangan pers usai Rapat Terbatas, Senin (10/05/2021), di Jakarta - Humas Setkab - Rahmat

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menyiapkan peta jalan (roadmap) agar masyarakat bisa hidup berdampingan dengan virus Covid-19. Simak 6 sektor kegiatan masyarakat yang akan diatur.

Dia mengaku mendapat arahan langsung dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menyebutkan bahwa masyarakat Indonesia akan hidup cukup lama dengan virus Covid-19.

Advertisement

BACA JUGA : Jogja Akan Hadapi New Normal, Langkah Apa Saja yang

"Bapak Presiden memberikan arahan bahwa ke depannya mungkin besar bhawa virus ini [Covid-19] akan hidup cukup lama dengan kita. Maka dari itu, kita harus memiliki roadmap kalau memang virus ini hilangnya membutuhkan waktu sampai tahunan," katanya dalam konferensi pers daring, Senin (9/8/2021).

Dia mengatakan bahwa Presiden Jokowi mengingatkan agar protokol kesehatan yang dimiliki saat ini bisa menjaga masyarakat untuk tetap hidup normal menjalankan aktivitas ekonomi. Namun, dengan kondisi yang lebih aman.

Selain itu, Budi Gunadi juga mengatakan siap melakukan instruksi Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjdaitan serta Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

Kedua menteri tersebut, kata Menkes, mengarahkan agar protokol kesehatan yang nantnya mendampingi kehidupan masyarakat ke depan benar-benar bisa praktis, bisa juga digital atau berbasis information technology, dan bisa mengamankan kehidupan kita sehari-hari.

BACA JUGA : Belum Ada Prediksi Waktu Pandemi Berakhir, Ini Saran

Bukan itu saja, Budi Gunadi mengatakan Presiden Jokowi telah memutuskan nantinya akan menggunakan Pedulilindungi sebagai dasar penerapan protokol kesehatan.

"Kita rencana mulai [pilot project] minggu depan, mulai beberapa mal bekerja sama dengan asosiasi mall di indonesia. Kita juga sudah mengintegrasikan dengan transportasi udara. Dimana teman2 wartawan sudah merasakan, setiap kali check in akan langsung ketahuan status vaksinasi dan PCR secara digital/otomatis," jelasnya.

Berikut 6 sektor yang akan diatur dalam roadmap masyarakat Indonesia untuk hidup berdampingan dengan virus Covid-19:

1. Perdagangan. Termasuk erdagangan modern (mall, dept store) dan tradisional (pasar basah atau toko-toko kelontong)
2. Kantor dan kawasan industri
3. Transportasi (darat, laut, udara)
4. Pariwisata, hotel, restoran, event
5. Keagamaan
6. Pendidikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Sastrawan Joko Pinurbo Wafat di Usia 61 tahun

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 10:10 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement