TNI Kirim 122 Tenaga Kesehatan ke Jogja untuk Tangani Covid-19

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto seusai rapat pimpinan TNI di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (24/1/2018). - Suara/Erick Tanjung
09 Agustus 2021 19:07 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA--Tentara Nasional Indonesia (TNI) mengirim sebanyak 122 tenaga kesehatan prajurit siswa perwira karier TNI ke Yogyakarta, untuk menangani COVID-19.

Keberangkatan ke-122 tenaga kesehatan prajurit siswa perwira karier TNI itu menggunakan 2 pesawat Hercules C130 TNI AU dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (9/8/2021).

Pengiriman tenaga kesehatan itu sebagaimana perintah Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto untuk menangani COVID-19 di lima titik di DIY, yakni Kota Yogyakarta, Bantul, Sleman, Kulon Progo, dan GunungKidul.

BACA JUGA: Epidemiolog Sebut PPKM Level 4 Masih Perlu Diperpanjang

Kapuskes TNI Mayjen TNI Tugas Ratmono saat memimpin upacara pemberangkatan itu mengatakan, penugasan lanjutan ke Yogyakarta ini merupakan suatu kehormatan bagi prajurit siswa perwira karier TNI Khusus Tenaga Kesehatan.

"Negara sangat membutuhkan tenaga serta dedikasi kalian, karena kalian adalah garda terdepan dalam menghambat laju penularan COVID-19 di Tanah Air," kata Ratmono dalam siaran persnya.

“Saya atas nama Panglima TNI mengucapkan apresiasi dan terima kasih serta penghargaan yang tinggi, dan saya juga mengucapkan terima kasih hingga saat ini semua Perwira Siswa masih dalam keadaan sehat," katanya lagi.

Oleh karena itu, lanjut dia, TNI berkomitmen membantu pemerintah untuk mempercepat vaksinasi dengan mengerahkan segenap kemampuan dalam rangka menghambat laju penyebaran COVID-19 di Tanah Air.

Sebanyak 122 prajurit siswa perwira karier TNI Khusus Nakes tersebut terdiri dari 88 Dokter Umum, 11 Dokter Gigi, 4 orang Perawat, 8 orang Apoteker, 2 orang Fisioterapi, 1 orang Radiologi, 3 orang Ahli Gizi.

Kemudian, satu orang Elektromedis, 2 orang Analis Medis, satu Rekam Medis dan satu Perawat Gigi telah selesai melaksanakan tugas di Jabodetabek.

Sebelumnya, TNI juga telah 176 tenaga kesehatan ke Jakarta pada akhir Juni 2021.

Pengiriman tenaga kesehatan ini untuk membantu penanganan pasien COVID-19 di beberapa titik di Jabodetabek, salah satunya Rumah Sakit Darurat COVID-19 Wisma Atlet.

Sumber : Antara