Advertisement

Eks Menkes Siti Fadilah Heran dengan Ledakan Covid-19 di Berbagai Negara

MG Noviarizal Fernandez
Sabtu, 07 Agustus 2021 - 19:57 WIB
Budi Cahyana
Eks Menkes Siti Fadilah Heran dengan Ledakan Covid-19 di Berbagai Negara Mantan Menkes Siti Fadilah dan mantan Menkes Terawan Agus Putranto seusai mengikuti proses ujicoba vaksinasi Vaksin Nusantara di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, Kamis (15/4). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Mantan Menteri Siti Fadilah Supari heran melihat ledakan penderita Covid-19 yang terjadi di banyak tempat.

Menurutnya berbagai ledakan jumlah penderita Covid-19 di beberapa negara seperti India, Indonesia, Singapura dan sebagainya tampak aneh.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

“Ini aneh. Tidak seperti virus biasa. Outbreak itu terjadi pada waktu yang agak sama. Explosive berdampak pada masyarakat banyak dalam waktu cepat dan bersamaan. Makanya collaps,” ujarnya dalam wawancara dengan Karni Ilyas yang dipublikasikan oleh akun Karni Ilyas Club yang dikutip pada Sabtu (7/8/2021). 

“Bagaimana delta bisa menyebar cepat, kenapa tidak ada yang memikirkan. Apakah itu sesuai dengan karakter virus untuk menyebar, kalau tidak sesuai dengan karakter virusnya mikir dong,” tambahnya.  

Keanehan demi keanehan itu membuat munculnya dugaan apakah pandemi ini terjadi secara alamiah atau tidak. Pasalnya, jika terjadi secara natural, perjalanan penyebaran menrutnya tidak seperti yang terjadi saat ini.

Dia mengaku heran bahwa ledakan pandemi bisa menyebar di berbagai belahan dunia padahal memiliki cuaca yang berbeda satu sama lain.

Karena itu, Indonesia menurutnya harus memanfaatkan keberadaan lembaga seperti Eijkman untuk melakukan penelitian karakter virus ecara detail agar bisa diantisipasi di masa yang akan datang. “Kalau ini bikinan kita akan menunggu outbreak berikutnya,” ucapnya.

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Residivis Pencurian Sepeda Motor Ditembak Polisi

Bantul
| Kamis, 01 Desember 2022, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Ketep Summit Festival 2022 Siap Obati Kerinduan Pencinta Seni dan Wisata

Wisata
| Kamis, 01 Desember 2022, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement