Platform Baikhati Terima 45.500 Aduan Permintaan Bansos selama PPKM

Foto Ilustrasi alur penyampaikan laporan melalui Whatsapp Bot. - Ist.
04 Agustus 2021 17:37 WIB Sunartono News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA—Sebuah platform digital yang bergerak untuk kegiatan sosial penanganan Covid-19 Baikhati.id menerima sedikitnya 45.500 aduan terkait permohonan bantuan sosial dari masyarakat miskin maupun warga yang sedang menjalani isolasi mandiri. Platform ini menggandeng masyarakat yang memiliki kemampuan untuk bisa memberikan donasi untuk disalurkan.

Penggagas Baikhati.id Saptana mengatakan selama pemberlakuan PPKM sejak Juli 2021 lalu melalui platform tersebut ia menerima aduan permohonan bantuan sosial lebih dari 1.000 warga setiap harinya. Mereka berasal dari berbagai wilayah di Indonesia, baik masyarakat yang melakukan isolasi mandiri maupun terdampak ekonomi akibat PPKM secara langsung.

BACA JUGA : Bansos APBD DIY untuk Warga Terdampak PPKM Baru

“Total permohonan bantuan yang masuk selama selama 10-27 Juli 2021 tercatat 45.596 pemohon. Jadi rata-rata setiap harinya lebih dari seribu yang masuk,” kata Saptana dalam rilis yang diterima Rabu (4/8/2021).

Ia menambahkan, sejak pertama kali diluncurkan pada bulan Juli lalu, Baikhati.id terus membuka laporan warga dan permintaan bantuan yang dibagi dalam dua paket. Yaitu paket sembako dan paket isoman, dengan mengirimkan data diri melalui WA Bot, warga bisa meminta bantuan tersebut yang kemudian datanya divalidasi oleh tim.

“Penyaluran bantuan dari dan untuk masyarakat terus dilakukan hingga sekarang dengan menggandeng berbagai pihak. Karena ini sosial, sumber daya kami juga terbatas maka mengajak masyarakat agar bergotong royong membantu sesama selama pandemi ini. Kami juga menerbitkan majalah sebagai salah satu bentuk pertanggungjawaban kepada para donator, ekaligus memberi gambaran tentang kebutuhan warga yang melakukan isolasi mandiri,” ujarnya.

BACA JUGA : Kemenkeu Prioritaskan Bansos dan Bantuan UMKM Selama

Platform sosial ini juga memberikan informasi terkini mulai dari kebutuhan siap pakai bagi warga yang positif Covid-19, vaksinasi hingga pengumpulan bantuan. Dalam platform ini jika dibuka ada delapan menu mulai dari informasi Covid-19 secara umum yang memuat peta persebaran, ketersediaan oksigen dan tempat isolasi, laporan warga yang membutuhkan dan pengiriman bantuan.

Menu platform ini juga memberikan hiburan bagi masyarakat yang sedang menjalani isoman, pengecekan informasi hoaks, vaksinasi dan penggalangan bantuan.