Advertisement

Akui Tes Covid-19 Sempat Turun, Menkes Jelaskan Alasannya

Newswire
Senin, 26 Juli 2021 - 22:47 WIB
Nina Atmasari
Akui Tes Covid-19 Sempat Turun, Menkes Jelaskan Alasannya Menkes Budi Gunadi Sadikin saat meresmikan Sentra Vaksinasi di Tangerang Selatan (Tangsel), Rabu (2/6/2021) pagi. - ANTARA

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengakui bahwa dalam beberapa waktu terakhir, tes Covid-19 di Indonesia menurun. Ia menyebutkan penyebabnya adalah karena adanya hari libur.

"Minggu-minggu terakhir ini terkonfirmasi COVID-19 turun, setiap hari libur dan sehari sesudahnya testing pasti turun, kalau kita lihat 40-50 minggu terakhir polanya begitu, jadi Sabtu tinggi, Minggu, Senin turun nanti naik lagi," kata Menkes Budi Gunadi dikutip dari ANTARA.

Advertisement

Oleh sebab itu, ia menyarankan untuk melihat data kasus terkonfirmasi secara mingguan. Untuk mengatasi hal tersebut, Menkes mengatakan bahwa pemerintah telah melakukan pemetaan untuk melakukan pemerataan testing dan tracing.

Baca juga: Bansos untuk Warga Terdampak Covid-19 di Sleman Cair

"Seluruh laboratorium di Jawa dan Bali ada sekitar 720 lab, kita sudah 'mapping', kita lihat kapasitasnya dan kita pastikan agar mereka punya produktivitas sama agar bisa melayani 'tracing' dan testing yang cukup sesuai dengan populasinya," kata Budi.

Menurut Budi, program testing di wilayah padat juga akan dimulai pekan ini.

"Menurut Pak Menkomarinves, program testing dan tracing yang dipimpin Panglima TNI dimulai minggu ini. Testing kita alhamdulillah sudah naik. Pertama kali saya masuk testing 30-40 ribu. Sekarang spesimen sudah hampir 300 ribu, orangnya juga sudah 220 sampai 300 ribu. Kita harus naikkan terus supaya kita tahu kalau ada saudara kita yang kena bisa segera ukur oximeter dan bisa diketahui perlu dirawat atau tidak," paparnya.

Ia juga meminta agar masyarakat tidak takut untuk melakukan tes Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Takbir Keliling di Bantul Boleh tetapi Terbatas, Tak Boleh Ada Petasan dan Obor Api

Bantul
| Selasa, 19 Maret 2024, 16:07 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement