45 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Tiba di IndonesiaBulan Depan

Petugas menurunkan kontainer berisi vaksin Covid-19 saat tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (12/1/2021). - Antara/Dhemas Reviyanto
26 Juli 2021 17:27 WIB Aprianus Doni Tolok News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA—Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan Indonesia telah menerima 70 juta dosis hingga Juni 2021. Dari total tersebut, sebagian besar vaksin telah disuntikkan ke masyarakat.

“Kami sudah suntikkan sekarang sekitar 60 juta dosis vaksin,” kata Menkes dalam konferensi pers, dikutip dari YouTube Setpres, Senin (26/7/2021).

Menkes menambahkan, pada bulan ini atau Juli 2021, hampir 30 juta dosis tiba di Indonesia dan akan kembali bertambah pada bulan berikutnya.

Eks Wamen BUMN ini juga menyampaikan, hingga akhir Juli nanti, akan datang sekitar 8 juta dosis vaksin Sinovac dan 4 juta dosis vaksin AstraZeneca.

“Di bulan Agustus [2021] akan datang sekitar 45 juta dosis [vaksin] terdiri dari Sinovac, AstraZeneca, Moderna, maupun Pfizer,” ujarnya.

Lebih lanjut, Menkes mengungkapkan bahwa hingga saat ini 44,9 juta penduduk Indonesia sudah disuntik vaksin Covid-19 dosis pertama, dan 18,3 juta orang sudah mendapatkan dosis kedua.

Menkes menegaskan bahwa pemberian vaksin Covid-19 masih didasarkan kepada tingkat risiko. Artinya, provinsi dengan kasus aktif tinggi akan mendapatkan porsi vaksin lebih banyak.

Sejumlah daerah yang mendapatkan prioritas antara lain DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, DIY, hingga Jawa Timur.

Sumber : JIBI/Bisnis.com