Meski Harganya Rp12.000, Ratusan Kaleng Bear Brand Suryamart Sragen Ludes dalam Sejam

Susu Bear Brand. - Istimewa
05 Juli 2021 13:47 WIB Chelin Indra Sushmita News Share :

Harianjogja.com, SRAGEN — Perburuan susu kaleng bermerek Bear Brand terjadi di Srahen, Jawa Tengah. Sebanyak 300 kaleng susu Bear Brand yang dijual di Suryamart Kalijambe, Sragen ludes dibeli warga hanya dalam kurun waktu satu jam.

Farid Suryawan, 42, warga Desa Jetis Karangpung RT 007, Kalijambe, Sragen, yang juga pemilik Suryamart mengemukakan dirinya baru menerima kiriman 10 paket susu Bear Brand dari distributor pada Sabtu (3/7/2021).

Satu paket masing-masing berisi 30 kaleng susu Bear Brand. Dengan begitu, ia memiliki stok 300 kaleng susu Bear Brand.

Setelah menerima kiriman, dia mengumumkan ketersediaan susu beruang di tempatnya melalui media sosial (medsos) warga Kalijambe. Tidak disangka, postingan itu dibanjiri komentar.

Warga yang membaca unggahan dari Farid itu pun bergegas datang ke Suryamart untuk membeli susu Bear Brand.

“Sebanyak 300 kaleng susu Bear Brand habis terjual dalam waktu satu jam [setelah diposting di medsos],” ujar Farid kepada Solopos.com, Senin (5/7/2021).

Baca juga: Simak, Warga yang Tes Covid-19 di Lab Kemenkes Dapat Obat Gratis!

Dia tidak mengizinkan susu beruang itu diborong dalam jumlah banyak oleh segelintir orang.

Di minimarket miliknya, setiap warga bisa membeli susu Bear Brand maksimal 10 kaleng.

“Enggak boleh diborong di tempat saya. Biar semua bisa dapat. Kebetulan, kemarin yang beli ada banyak,” terang Farid.

Dia menjual susu Bear Brand itu seharga Rp12.000/kaleng. Sebelumnya, dia biasa menjual susu Bear Brand seharga Rp9.500/kaleng. Kenaikan harga itu dipengaruhi semakin langkanya pasokan barang di pasaran.

Baca juga: PPKM Darurat, Layanan Disdukcapil Kulonprogo Berlangsung Secara Daring, Begini Caranya

Biasanya Farid bisa mendapat pasokan 10 paket susu Bear Brand dari distributor resmi. Namun, belakangan pasokan untuk tiap toko dibatasi maksimal 5 paket.

Harga Rp12.000/kaleng itu, kata Farid, relatif lebih murah. Pasalnya, di minimarket lain, ada yang menjual susu Bear Brand seharga Rp15.000. Bahkan di toko online, susu beruang merek Bear Brand dijual seharga 49.000/kaleng.

“Kalau ambil dari distributor, harga tidak naik cuma barangnya dibatasi. Tapi kalau ambil dari freelance, harganya bisa naik banyak. Namun, jumlahnya tidak dibatasi. Penting cocok harganya. Tapi kalau harganya sudah mahal, jadi bingung mau jual berapa [ke konsumen],” ujar Farid.

 

Sumber : Solopos