Simak, Warga yang Tes Covid-19 di Lab Kemenkes Dapat Obat Gratis!

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan - Istimewa
05 Juli 2021 11:07 WIB Aprianus Doni Tolok News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA — Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memberikan informasi penting dalam penanganan Covid-19. Luhut menegaskan masyarakat yang melakukan tes antigen dan PCR di laboratorium terafiliasi dengan Kementerian Kesehatan bisa mendapatkan obat gratis.

Hari ini Senin (5/7/2021), Kemenkes menyediakan layanan telemedicine dengan kerja sama 11 platform daring agar masyarakat yang menjalani isolasi mandiri bisa melakukan konsultasi dengan tenaga kesehatan hingga memperoleh obat gratis.

Untuk itu, Luhut meminta masyarakat agar melakukan tes swab antigen dan PCR hanya di laboratorium yang terafiliasi dengan Kementerian Kesehatan.

Baca juga: Sultan: DIY Dapat Pasokan 47,6 Ton Oksigen Per Hari

“Hal itu untuk memastikan bantuan pemerintah bisa diakses dan dimanfaatkan,” katanya dalam konferensi pers dikutip dari YouTube Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, Senin (5/7/2021).

Dia menambahkan bahwa saat ini sebanyak 742 laboratorium di seluruh Indonesia tercatat telah terafiliasi dengan Kemenkes.

Lebih lanjut, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikit mengatakan bahwa semua layanan telemedicine akan dilakukan berbasis elektronik, paket obat akan dikirimkan untuk yang benar-benar tanpa gejala. Sementara itu, pasien dengan gejala ringan seperti demam akan diberikan juga paketnya secara gratis.

“Paket-paket ini juga diintegrasikan dengan lab-lab PCR. Kalau teman-teman ingin melakukan uji PCR bisa dilakukan lewat telemedicine ini. Kalau positif bisa langsung diteruskan,” katanya.

Sumber : Bisnis.com