Cari RS dan Bed Kosong untuk Pasien Covid-19? Begini Caranya

Rumah Sakit
25 Juni 2021 18:57 WIB Mia Chitra Dinisari News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Tingginya kasus covid-19 di Indonesia yang kini sudah mencatat 2 juta kasus, membuat ketersediaan rumah sakit dan tempat tidur berkurang.

Bahkan, pemerintah telah menunjuk 3 RS untuk menjadi RS khusus pelayanan covid-19 karena tingginya angka kasus saat ini.

RS itu adalah RSUP Fatmawati, RSPI Sulianti Saroso, dan RSUP Persahabatan. 

Melihat kondisi ini, pastinya Anda yang mungkin positif covid-19 merasa waswas jika tidak mendapatkan tempat tidur kosong di RS jika harus menjalani perawatan.

Sebelum Anda repot-repot mencari tahu dengan menelepon seluruh RS di Jakarta, Anda bisa melihat ketersediaan tempat tidur di RS yang memberikan layanan covid tersebut.

Layanan ini disediakan oleh Kemenkes. Caranya, Anda cukup masuk ke laman http://yankes.kemkes.go.id/app/siranap/, kemudian, pilih bagian tempat tidur covid-19.

Selanjutnya, pilih provinsi dan kota atau kabupaten tempat Anda tinggal.

BACA JUGA: 11 Jurnalis DIY Terkonfirmasi Positif Covid-19

Kemudian, akan muncul nama-nama RS yang melayani covid-19 tersebut. Klik salah satu nama rumah sakit terdekat dan cek ketersediaan tempat tidurnya. Di situ akan muncul jumlah kapasitas dan jumlah tempat tidur yang masih tersedia.

Cara yang sama juga bisa dilakukan untuk mencari tempat tidur untuk pasien non covid-19. Hanya saja kolom yang Anda klik adalah tempat tidur non covid-19.

Sumber : Bisnis.com