Advertisement

Ini 4 Tips Terhindar dari Diabetes Saat WFH

Novita Sari Simamora
Selasa, 25 Mei 2021 - 06:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Ini 4 Tips Terhindar dari Diabetes Saat WFH Diabetes adalah penyakit metabolik yang diakibatkan oleh meningkatnya kadar glukosa atau gula darah. Gula darah sangat vital bagi kesehatan karena merupakan sumber energi yang penting bagi sel-sel dan jaringan. - Klikdokter/Shuttlecock

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Pandemi yang membuat masyarakat banyak beraktivitas di dalam rumah dan juga work from home (WFH), bisa menjadi penyebab gula darah atau diabetes semakin tak terkontrol.

Ahli endokrinologi Dr. Altamash Shaikh mengungkapkan sangat penting untuk mengelola diabetes Anda saat bekerja dari rumah. Sayangnya WFH berdampak negatif sekaligus positif bagi kesehatan. Salah satu dampak negatifnya adalah diabetes.

“WFH membuat penambahan berat badan, kelesuan, kecanduan ponsel, gaya hidup tidak sehat, pola makan yang buruk,” seperti dikutip dari Pink Villa, Selasa (25/5/2021).

Berikut beberapa  tips untuk mengelola diabetes Anda selama WFH:

1. Tidur nyenyak dan sedikit lebih awal

Untuk kesehatan yang baik, maka Anda perlu tidur yang cukup. Kurang istirahat dan kebiasaan tidur yang buruk dapat mempengaruhi sensitivitas insulin dan kadar glukosa darah.

Itu dapat meningkatkan nafsu makan yang menghasilkan penambahan berat badan. Kurang tidur menyebabkan penurunan hormon pertumbuhan dan peningkatan kadar kortisol. Lebih baik tidur cukup setiap malam selama 7-8 jam.

2. Latihan untuk mengelola diabetes dan stres

Karena ruang terbatas, beberapa orang mungkin merasa dibatasi untuk berolahraga. Namun, WFH dan latihan dari rumah keduanya dimungkinkan.

Anda bisa melakukan spot walking atau jogging di rumah sendiri. Mereka yang merasa harus keluar bisa melakukan jalan cepat, jogging dengan menjaga jarak pergaulan wajib.

Advertisement

Lakukan latihan seperti push-up, pull-up, squat, crunch perut, lompatan di tempat, dll. Di rumah. Habiskan waktu berkualitas bersama keluarga dan teman melalui telepon atau video. 

Jika Anda stres, maka itu mempengaruhi kadar glukosa. Manjakan dan cintai diri sendiri yang akan membantu membangun kedamaian batin sehingga stres akan terhindar. Meditasi dan yoga akan menjauhkan Anda dari stres.

3. Kelola asupan karbohidrat

Advertisement

Makan pada waktu yang tepat penting untuk pengurangan dan pemeliharaan berat badan. Untuk menjaga kadar glukosa mengatur makanan dengan tidur dan olahraga itu penting dan Anda perlu menyadarinya.

Tubuh kita memecah karbohidrat menjadi glukosa, dan kemudian insulin membantu tubuh menggunakan dan menyimpannya untuk energi. Ketika kita makan terlalu banyak karbohidrat atau jika kita memiliki masalah fungsi insulin, proses ini gagal dan terjadi peningkatan kadar glukosa secara tiba-tiba.

Untuk mengontrol kadar glukosa, kelola asupan karbohidrat dengan mengandalkannya dan perhatikan seberapa banyak Anda membutuhkannya. Rencanakan menu dan jenis makanan Anda dengan tepat untuk mengelolaan gula darah atau diabetes. Pantau kadar glukosa Anda secara teratur dan hubungi dokter keluarga Anda.

4. Tetap Terhidrasi

Advertisement

Minum cukup air untuk membantu menjaga kadar gula darah terkontrol dan risiko pengembangan gula tinggi menjadi rendah. Mencegah dehidrasi, membantu ginjal Anda mengeluarkan glukosa ekstra melalui urin.

Ingatlah untuk:

Advertisement

Mintalah rencana kesehatan.

Lakukan pemeriksaan rutin.

Berolahragalah setiap hari.

Buatlah pilihan yang sehat.

Advertisement

Hindari stress.

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Jangan Salah, DIY Punya Varietas Kopi Sendiri, Bagaimana Nasibnya di Pasaran?

Jogja
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:57 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement