Bupati Karanganyar Bikin Surat Resmi Ajak ASN Galang Dana untuk Palestina

Bendera Palestina - Pixabay
19 Mei 2021 15:07 WIB Sri Sumi Handayani News Share :

Harianjogja.com, KARANGANYAR—Bupati Karanganyar menerbitkan surat resmi berisi ajakan kepada aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkab Karanganyar untuk menggalang dana bagi warga Palestina.

JIBI menerima salinan surat resmi tersebut. Surat menggunakan kepala surat Bupati Karanganyar, tanda tangan dan cap basah Bupati Karanganyar atas nama Juliyatmono. Surat tertanggal 17 Mei 2021. Nomor surat 900/1833.1.2 bersifat segera. Surat tersebut perihal bantuan kemanusiaan. Surat ditujukan Staf Ahli Bupati/Kepala Perangkat Daerah/BUMD se-Kabupaten Karanganyar, camat se-Kabupaten Karanganyar, dan Ketua Baznas Kabupaten Karanganyar.

BACA JUGA: Kekerasan Jalanan di Sleman Libatkan Ormas, Satu Orang Tewas

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, menyampaikan penggalangan dana khusus untuk internal Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar. “Saya bikin surat resmi kepada organisasi perangkat daerah [OPD], camat untuk menggalang iuran sumbangan sukarela. Kami akan salurkan untuk membantu meirngankan beban masyarakat Palestina,” kata Bupati saat berbincang dengan wartawan di sela-sela aktivitasnya pada Selasa (18/5/2021).

JIBI mencuplik surat tersebut kurang lebih berbunyi seperti ini.

“Dalam rangka meringankan beban penderitaan warga Palestina bersama ini Pemerintah Kabupaten Karanganyar bermaksud untuk menggalang dana bantuan kemanusiaan. Lebih didorong karena rasa kemanusiaan. Karena doa tidak cukup. Semua orang menggerakkan doa. Saya kira semua orang berdoa. Tapi doa yang konkret itu ya kami wujudkan dengan sumbangan,” tutur dia.

Bupati juga menuangkan maksud pembuatan surat tersebut.

“Sehubungan dengan hal tersebut dimohon partisipasi saudara untuk mendukung melakukan penggalangan dana kemanusiaan dimaksud pada lingkup tempat kerja masing-masing dan disetorkan paling lambat tanggal 25 Mei 2021 kepala Bagian Kesra Setda Kabupaten Karanganyar pada jam kerja. Berapa pun yang kami dapat sebagai wujud ikut simpati. Pengumpulan langsung disetor ke Bagian [Kesejahteraan Rakyat] Kesra. Nanti berapa kami dapatkan, kami akan mencari saluran yang bisa langsung sampai ke masyarakat Palestina. [Pengumpulan] sampai tanggal 25 Mei, Selasa pekan depan,” ujar dia.

Politikus Partai Golkar itu menegaskan surat tersebut hanya berlaku untuk internal Pemkab Karanganyar. Pada akhir surat, Bupati menyampaikan bantuan dana kemanusiaan yang terkumpul, selanjutnya akan disalurkan melalui Palang Merah Indonesia Cabang Karanganyar.

“Khusus internal pemerintah di lingkup kewenangan kami. Kami tidak mungkin ke instansi vertikal lain, bukan kewenangan kami. Kami gugah semangat action langsung. Doa itu yang bagus harus diwujudkan dengan konkret, nyata sekecil apapun. Penyaluran mengakses siapa yang punya relasi, komunikasi langsung,” ungkap dia.

BACA JUGA: Mengejutkan! Ini Fakta Baru Peristiwa Maut Kedungombo

Selain PMI Cabang Karanganyar, Bupati juga menyebut organisasi Muhammadiyah memiliki jaringan sampai ke masyarakat Palestina. Berulang kali Bupati menyampaikan kegiatan tersebut tidak memiliki muatan apapun. “Ini lebih kepada kemanusiaan ya. Oke ya. Saya lihat Muhammadiyah juga punya jaringan sampai ke masyarakat Palestina.”

Ketua PMI Cabang Karanganyar, Timotius Suryadi, menyampaikan belum dapat memberikan banyak komentar perihal itu. Timo hanya menyampaikan PMI Cabang Karanganyar masih berkoordinasi dengan pihak terkait. “Masih dikoordinasikan,” jawabnya saat dihubungi JIBI melalui pesan aplikasi WhatsApp, Selasa.

Sumber : JIBI/Solopos