Tunjukkan Mulai Hidup Normal, Selandia Bikin Konser Live Dihadiri 50.000 Orang Tanpa Masker

Petugas kontruksi tengah menikmati kopi di sebuah kafe, di Selandia Baru - Bloomberg
25 April 2021 11:17 WIB Hadijah Alaydrus News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Selandia mengadakan konser akbar yang dihadiri lebih dari 50.000 orang, di stadion olahraga terbesar di Selandia Baru pada hari Sabtu (25/4/2021). Penyelenggara menyebutkan akan menjadi acara musik langsung terbesar sejak dimulainya pandemi Covid-19.

Band Selandia Baru Six60 akan tampil di Taman Eden, Auckland. Acara ini akan menampilkan kembang api dan disiarkan langsung ke negara-negara di seluruh Pasifik Selatan.

Tanpa perlu menjaga jarak atau mengenakan masker, konser tersebut merupakan demonstrasi keberhasilan Selandia Baru dalam mengendalikan virus Corona melalui penutupan perbatasan internasional dan pengujian yang ketat serta pelacakan kontak. Ini sangat kontras dengan negara lain di dunia yang terkunci di tengah meningkatnya infeksi.

Baca juga: Terungkap! Data Kualitas Udara China Direkayasa

Selandia Baru mencatat hanya sekitar 2.600 kasus virus dan 26 kematian sejak pandemi dimulai dan menduduki peringkat teratas Covid Resilience Ranking dari Bloomberg. Penutupan perbatasan telah berdampak buruk bagi industri pariwisata negara, meskipun sekarang telah membuka gelembung perjalanan bebas karantina dengan Australia.

"Kota kami telah menunjukkan kepada dunia minggu ini bahwa di tengah pandemi global, kami dapat hidup mendekati normalitas di Auckland," kata Walikota Auckland Phil Goff dalam sebuah pernyataan.

Adapun, Selandia Baru menjadi salah satu negara di dunia yang berhasil menekan angka infeksi. Bahkan, Selandia telah membuka pintu bagi pelancong dari Australia pada 19 April 2021. 

Sumber : Bisnis.com/Bloomberg