Advertisement

Wilayah di Indonesia Ini Diprediksi Hujan Lebat Disertai Petir. DIY Termasuk?

Newswire
Rabu, 21 April 2021 - 11:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Wilayah di Indonesia Ini Diprediksi Hujan Lebat Disertai Petir. DIY Termasuk? Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Berdasarkan prakiraan cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi terjadi di beberapa daerah di Indonesia.

MelansirĀ Antara--jaringan Harianjogja.comĀ dari laman resmi BMKG, Jakarta, Rabu, daerah-daerah yang berpotensi mengalami cuaca tersebut adalah Aceh, Bengkulu, Jambi, Lampung, Maluku, Papua, Riau, Sulawesi Tengah, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, dan Sumatera Utara.

Advertisement

Sementara, wilayah yang berpotensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dalam durasi singkat pada sore hari terdapat di Jawa Barat.

BMKG juga memberikan peringatan gelombang tinggi yakni 2,5-4 meter di Samudera Hindia Barat Enggano hingga Selatan Jawa Timur, dan di Samudera Pasifik Utara Halmahera Bagian Utara.

Kondisi itu disebabkan siklon tropis Surigae yang terpantau di perairan timur Filipina dan berdampak pada peningkatan tinggi gelombang mencapai 2,5-4 meter di Samudera Pasifik utara Halmahera bagian utara.

Oleh karena itu, BMKG mengimbau untuk memperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran, yakni pada perahu nelayan, kapal tongkang, kapal Ferry, dan kapal ukuran besar seperti kapal kargo/kapal pesiar.

BMKG juga mengimbau masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Korban Apartemen Malioboro City yang Laporkan Pengembang Ke Polda DIY Bertambah

Jogja
| Selasa, 19 Maret 2024, 13:37 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement