Pangeran Philip Dimakamkan, Ratu Elizabeth II Duduk Sendirian Lepas Sang Suami

Pangeran Philip. - Reuters
18 April 2021 07:47 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com. INGGRIS - Jenazah Pangeran Philip sudah dimakamkan pada Sabtu (17/4/2021) pukul 15.00 waktu Berkshire, Inggris, atau pukul 21.00 WIB. Peti jenazahnya diangkut dengan mobil jenazah Land Rover jenis Defender TD 130 berwarna hijau militer yang dimodifikasi khusus.

Ratu Elizabeth II mengikuti prosesi pemakaman sang suami dari dalam limosin State Bentley. Ratu berusia 94 tahun itu duduk sendirian di dalam mobilnya. Sementara, peti mati Pangeran Philip, bergerak menuju tempat peristirahatan terakhirnya, yakni Kapel St George di Kastil Windsor.

Di belakang mobil itu, para bangsawan senior Inggris mengiringinya. Pangeran Charles dan Putri Anne mengikuti peti mati dengan berjalan kaki, diikuti oleh saudara mereka Edward dan Andrew. Di belakang mereka adalah dua putra Charles, yaitu Pangeran William dan Pangeran Harry.

Pemandangan tersebut seakan membangkitkan ingatan publik pada upacara pemakaman Putri Diana (ibunda William dan Harry) pada 1997. Ketika itu, keduanya berjalan sebagai anak laki-laki yang tengah berduka di belakang peti mati ibu mereka.

Baca juga: Terus Tumbuh, Volume Kubah Lava Tengah Merapi Capai 1,6 Juta Meter Kubik

Topi dan pedang angkatan lautnya tergeletak di atas peti mati, yang ditutupi dengan panji pribadi Duke of Edinburgh yang menampilkan lambang Kerajaan Denmark, salib Yunani, Kastil Edinburgh, dan garis-garis keluarga Mountbatten. Untuk diketahui, Pangeran Philip memang memilik darah Denmark dan Yunani dari kedua orang tuanya.

Kelompok Pengawal Grenadier memimpin prosesi upacara pemakaman suami Ratu Elizabeth II itu, diikuti oleh para panglima militer. Perjalanan peti mati itu berhenti sejenak untuk mengheningkan cipta tepat pada pukul 15.00. Sebuah senjata ditembakkan dari East Lawn, untuk menandai awal dan akhir dari mengheningkan cipta.

Sebelum peti mati muncul dari kastil, band-band militer ditempatkan di seberang alun-alun di bawah sinar matahari yang cerah untuk memainkan sejumlah musik pilihan pangeran, termasuk “I Vow To Thee My Country”, “Jerusalem”, dan “Nimrod”.

Sesampainya di Kapel St George, Ratu Elizabeth berdiri sendirian (karena adanya pembatasan Covid-19), saat peti mati suaminya diturunkan ke Royal Vault di kapel kuno yang dibangun pada 1475 itu. Sang ratu tampak berpakaian hitam, dengan masker hitam bergaris putih menutupi sebagian wajahnya. Windsor Philip menikahi Elizabeth pada 1947. Pada masa muda mereka, pria itu banyak membantu ratu menyesuaikan kondisi kerajaan dengan dunia yang telah berubah setelah Perang Dunia Kedua.

Artikel ini telah tayang di Inews.id dengan judul " Upacara Pemakaman Pangeran Philip, Ratu Elizabeth Berdiri Sendirian Lepas Sang Suami ",

Sumber : INews.id