Pengusaha Ingin Program Vaksinasi Dipercepat

Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin Covid-19 kepada lansia di Istora Senayan, Jakarta, Senin (8/3/2021). Kementerian BUMN menggelar Sentra Vaksinasi Bersama Covid-19 bagi lansia untuk mendorong percepatan program vaksinasi nasional demi mencapai target satu juta vaksin per bulan. - Antara\\r\\n
24 Maret 2021 07:57 WIB Rahmad Fauzan News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Pelaku usaha meyakini proses pemulihan di sektor riil akan berlangsung lebih akseleratif jika pemerintah berhasil mempercepat proses vaksinasi di Tanah Air. Progresivitas dari vaksinasi masyarakat umum pun menjadi sangat ditunggu-tunggu.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani mengatakan pemulihan di sektor riil yang sudah mulai berlangsung hingga pada tahap ke dua Program Vaksinasi Nasional akan terakselerasi jika diperluas ke masyarakat umum. Sejumlah sektor akan segera pulih menyusul industri makanan dan minuman (mamin), terutama sektor-sektor yang berkaitan erat dengan konsumsi rumah tangga.

BACA JUGA : Vaksinasi Lansia Kota Jogja Baru Tercapai 5,98 Persen dari Target

"Sektor yang akan menyusul adalah sektor yang terkait dengan konsumsi rumah tangga. Salah satunya, sektor pertanian," ujar Hariyadi ketika dihubungi, Selasa (23/3/2021).

Progres pemulihan yang sesuai dengan harapan, lanjutnya, secara otomatis akan mendorong dilakukannya penyerapan tenaga kerja besar-besaran oleh perusahaan-perusahaan. Dengan demikian, sambungnya, barulah menyusul sektor-sektor lain, termasuk transportasi dan industri yang berkaitan dengan gaya hidup.

Hariyadi meyakini pertumbuhan ekonomi tahun depan bisa lebih baik dibandingkan dengan tahun ini. Tahun ini, pertumbuhan ekonomi kemungkinan berkisar di level 3 persen dari posisi minus, sehingga pelaku usaha menilai cukup masuk akan tahun depan perekonomian tumbuh lebih baik.

BACA JUGA : PWI dan AMSI DIY Apresiasi Pemkot Jogja yang Prioritaskan Vaksinasi Pekerja Pers

"Biasanya, kalau negara mengalami bencana yang memengaruhi perekonomian, bounce back-nya akan akseleratif," ujarnya.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia