Pandemi, 60 Persen Pelanggan E-Commerce Kalangan Perempuan

Ilustrasi e-commerce - CC0
10 Maret 2021 03:37 WIB Rayful Mudassir News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Data Statista menunjukkan bahwa 60 persen perempuan di Indonesia berbelanja online selama pandemi.

Platform belanja online Blibli turut menyampaikan data yang sama. Perusahaan dagang el itu mencatat 56 persen pelanggan di situs tersebut merupakan perempuan sepanjang tahun lalu. Mereka berasal dari berbagai kota besar seperti Jabodetabek, Surabaya, Bandung, Semarang dan Medan.

Brand Lead Blibli mengemukakan bahwa pelanggan perempuan merupakan salah satu fokus target pasar. Pihaknya juga memberikan pelbagai pilihan produk bagi perempuan untuk berbelanja online.

“Blibli ingin mengajak semua perempuan Indonesia menjadi lebih percaya diri terhadap penampilan dan kepribadian mereka masing-masing, karena ketidaksempurnaan yang mereka miliki adalah keunikan yang perlu diapresiasi,” katanya melalui keterangan resmi, Selasa (9/3/2021).

Selama 2020, platform ini mencatat bahwa pelanggan perempuan semakin aktif berbelanja di e-commerce terutama didorong saat pandemi. Kategori rumah tangga, kesehatan dan gadget menjadi yang paling banyak dikunjungi pelanggan perempuan. Kondisi ini menunjukkan bahwa kaum perempuan harus bekerja dan merawat diri serta keluarga dari rumah.

Lima kategori yang mencatat pelanggan perempuan terbanyak adalah BlibliMart, Kesehatan & Kecantikan, Home & Living, Ibu & Anak, dan Handphone, Tablet & Wearable Gadget. Sementara itu, produk-produk yang termasuk tinggi pembeliannya oleh pelanggan perempuan adalah true wireless, air fryer, peralatan sholat, madu & bee pollen, dan alat yoga & pilates.

Di sisi lain, platform ini mengambil momentum Hari Perempuan Internasional dan Hari Kartini yang akan datang untuk menggelar program Women’s Day Campaign. Kampanye sepanjang Maret 2021 dibarengi dengan sejumlah promo seperti cashback hingga Rp 300,000, Brand Deals hingga 70 persen.

“Kolaborasi antara Blibli dan mitra brand atau seller akan menghadirkan berbagai keuntungan bagi pelanggan perempuan untuk dapat membeli kebutuhan mereka secara online, sehingga membuat semuanya lebih mudah,” tuturnya.

Sumber : bisnis.com