Citilink Mengklaim Sudah Menegur Bule yang Lolos Naik Pesawat tanpa Masker

Aktivitas penerbangan di Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (18/12/2018). - ANTARA/Yulius Satria Wijaya
07 Maret 2021 12:37 WIB Hadijah Alaydrus News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Maskapai Citilink telah menindaklanjuti laporan adanya bule yang lolos masuk pesawat meski tanpa masker.

Citilik menegaskan bahwa pihaknya telah menjalankan prosedur sesuai aturan yang berlaku dalam menangani penumpang warga negara asing yang tidak mengunakan masker dalam penerbangan dari Denpasar menuju Labuan Bajo (6/3/2021).

Seperti diketahui, akun Twitter atas nama @KSwazey atau Kelli Swazey membagikan foto bule tanpa masker yang berhasil masuk ke dalam pesawat dalam penerbangan Citilink.

Resty Kusandarina, VP Corporate Secretary & CSR PT Citilink Indonesia, mengatakan sehubungan dengan adanya informasi yang beredar mengenai adanya penumpang warga negara asing yang tidak mengenakan masker pada penerbangan Citilink QG 634 dari Denpasar menuju Labuan Bajo (6/3/2021), awak kabin Citilink telah melakukan peneguran terhadap penumpang WNA tersebut secara personal.

"Setelah ditegur, penumpang yang tidak mengenakan masker tersebut kembali mengenakan masker," ujar Resty kepada Bisnis, Sabtu (7/3/2021).

Selain mengingatkan dan melakukan teguran langsung kepada penumpang yang melalaikan penggunaan masker, dia mengatakan awak kabin Citilink menawarkan masker baru kepada penumpang tersebut apabila masker milik penumpang tersebut rusak atau hilang.

Awak kabin Citilink, menurut Resty, juga telah mengumumkan baik dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris bahwa seluruh penumpang wajib mengenakan masker selama berada dalam penerbangan Citilink.

"Dapat disampaikan bahwa penerbangan berjalan lancar dan tidak ada kendala sampai di Labuan Bajo."

Dia menegaskan Citilink senantiasa menerapkan protokol kesehatan yang ketat di seluruh lini operasional penerbangannya, baik dari pre-, in-, hingga post-flight dengan mengacu pada ketentuan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah untuk dapat memastikan seluruh penerbangan berjalan secara optimal dengan tetap memprioritaskan kesehatan dan keamanan bagi seluruh pelanggan.

Pihak Citilink melalui akun Twitter membalas dengan permohonan maaf dan meminta Swazey mengirimkan pesan langsung untuk detail penerbangan tersebut. "Mohon kesediaan untuk dapat mengirimkan detail penerbangan Anda melalui DM agar dapat segera kami teruskan hal ini ke unit terkait," tulis Citilink, Sabtu (6/3/2021).

Sumber : bisnis.com