SBY Sebut Demokrat Diserang karena Beda Sikap dengan Pemerintah

Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) - ANTARA/Aswaddy Hamid
25 Februari 2021 07:47 WIB Fitri Sartina Dewi News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Pendiri sekaligus Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyatakan bahwa partainya seringkali mendapatkan serangan yang keras usai menyampaikan sikap yang berbeda dengan pemerintah maupun koalisi pemerintahan.

Dia menyatakan Partai Demokrat di bawah kepemimpinan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) semakin tegar, semakin tegas dan semakin berani tampil untuk memperjuangkan aspirasi dan harapan rakyat, serta menyatakan sikap dan pandangannya terkait kebijakan-kebijakan pemerintah.

BACA JUGA : Pendiri Partai: Demokrat Sudah Jadi Partai Keluarga SBY

"Setiap Demokrat tampil dan menyampaikan sikapnya yang memang tidak selalu sama dengan sikap pemerintah dan juga sikap koalisi pemerintahan, kita segera mendapat serangan yang keras, massif dan sistematis dari mereka-mereka yang tidak jelas jati dirinya," kata SBY ketika menyampaikan arahan kepada pemimpin dan kader Partai Demokrat, Rabu (24/2/2021).

Sebagai orang yang memahami realitas dan dinamika kehidupan politik sejak era Presiden Soekarno, Presiden Soeharto hingga era demokrasi seperti saat ini, SBY mengakui bahwa jalan yang ditempuh Demokrat tidak selalu mudah.

"Sebagai Parpol yang berada di luar pemerintahan dan tidak beradal dalam koalisi pemerintahan Presiden Jokowi yang sangat kuat, kita tidak mungkin bisa mengimbanginya. Beberapa kali kita kalah, termasuk dalam perjuangan di parlemen atau di DPR RI, seolah perjuangan kita selalu kandas dan tidak ada harapan untuk menang," ujarnya.

BACA JUGA : Heboh Isu Kudeta, Partai Demokrat DIY Pastikan Tetap Loyal 

Meskipun demikian, Presiden ke-6 RI ini mengaku bangga karena kader Demokrat dalam menghadapi beratnya perjuangan tersebut tidak pernah menyerah dan patah semangat.

"Insyaallah kesabaran dan ketegaran pantang menyerah yang kita miliki akan berbuah manis. Bisa saja gagal di hari ini, tapi sukses di hari esok," ucap SBY.

 

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia