10 Ucapan Selamat Tahun Baru Imlek 2021, Bisa Dishare di Medsos

Ilustrasi Perayaan Imlek 2021 - Istimewa
11 Februari 2021 12:47 WIB Rika Anggraeni News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Tahun Baru Imlek 2021 akan diperingati pada (12/2/2021). Menurut kalender tradisional China, perayaan Tahun Baru China berlangsung lebih dari dua minggu hingga bulan purnama.

Tahun Baru Imlek merupakan momen yang tepat untuk berkumpul dengan keluarga. Perjalanan baru hingga memulai potensi baru untuk tahun bahagia yang akan datang.

Sama seperti perayaan pada umumnya, Tahun Baru Imlek juga memilki ucapan selamat yang khas. Pada malam Tahun Baru Imlek, orang Tionghoa mulai saling menyapa melalui teks Selamat Tahun Baru, kemudian bertukar salam Tahun Baru Imlek saat saling berkunjung selama festival.

BACA JUGA : Libur Imlek: Wisatawan ke Jogja Dicek Antigen

Merangkum dari berbagai sumber, berikut 10 ucapan Tahun Baru Imlek yang dapat Anda sampaikan kepada keluarga, teman, atau rekan kerja serta bagikan di aplikasi WhatsApp atau media sosial lain, misalnya Instagram, Facebook, atau Twitter.

1. Gongxi Facai, Hongbao Na Lai
Ucapan Imlek yang paling umum didengar, Gongxi facái, hóngbao ná lái. Ucapan ini memiliki arti "Semoga Anda bahagia dan sejahtera; beri saya amplop merah."

Ucapan ini digunakan untuk menyapa seseorang, jika Anda mengharapkan uang keberuntungan dan hanya ucapkan kepada teman dekat dan kerabat. Namun, jangan katakan ucapan ini kepada orang asing atau dalam suasana formal, untuk menghindari terlihat sombong atau konyol.

2. Niu Zhuan Qiankun
Berikutnya adalah NiuZhuan Qiankun yang berarti "Semoga Anda mengubah semua hal buruk, menjadi dunia baru yang baik." Frasa "Niu" dalam ucapan ini adalah dunia penggunaan permainan kata-kata, yang memiliki dua arti, yaitu "berbalik" dan "lembu".

3. Xin Nian Kuai Le, Wan Shi Ru Yi
Ucapan ini memiliki arti "Selamat Tahun Baru, dan semoga semuanya berjalan sesuai keinginan Anda!". Ucapan ini adalah salah satu bahasa Mandarin yang paling umum dan dapat diungkapkan kepada tua dan muda, baik kepada kerabat dekat maupun kenalan jauh.

4. Yi Fan Feng Shun
Kehidupan pasti mengalami pasang surut. Ucapan Yì Fan Feng Shùn memiliki arti "Pelayaran yang mulus". Di Tahun Baru Imlek, semoga perjalanan orang yang Anda cintai berjalan mulus untuk tahun yang akan datang, dengan angin di layar.

5. Xin Xiang Shi Cheng
Di Tahun Baru Imlek ini, ucapakan bahwa Anda ingin semua impian menjadi kenyataan kepada keluarga dan teman-teman Anda. Xin Xiang Shì Chéng memiliki arti "Semoga keinginan Anda menjadi kenyataan." Ucapan ini mengungkapkan harapan bahwa tahun depan akan dipenuhi dengan impian yang terwujud.

6. Gongzhu Jiankang, Xingyun, Xinnian Kuaile
Ucapan ini memiliki arti "Kesehatan yang baik, semoga sukses dan banyak kebahagiaan sepanjang tahun."

7. Jin Zhu Xinnian Kuaile Xingfu, Dajidali
Untuk memulai perjalanan baru, Anda juga bisa mengucapkan ucapan selamat dengan menaruh harapan adanya kebahagiaan dan kesejahteraan. Ucapan ini memiliki arti "Saya harap Anda memiliki Tahun Baru yang paling bahagia dan sejahtera."

8. Yuan Xinnian Wei Ni Dailai Kuaile, You'ai He Ningjing
Anda bisa memberikan ucapan Tahun Baru yang berisikan kegembiraan, cinta, dan kedamaian. Yuàn Xinnián Wèi Ni Dàilái Kuàilè, You’ài Hé Níngjìng berarti "Semoga Tahun Baru yang akan datang memberi Anda kegembiraan, cinta, dan kedamaian."

9. Caiyuan Guang Jin
Di Tahun Baru ini, Anda bisa memberikan ucapan kepada teman atau rekan bisnis Anda agar diberikan kelimpahan harta. Ucapan ini memiliki arti "Uang dan harta karun akan berlimpah."

BACA JUGA : Libur Imlek, Ada Tambahan Petugas Pengamanan

10. Zhu Jixing Gao Zhao
Terakhir, Anda bisa mengucapkan kalimat ini untuk memulai perjalanan baru di Tahun Baru Imlek. Ucapan ini berarti "Semoga Anda mendapatkan keberuntungan!"

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia