10 Universitas Terbaik Indonesia 2021 Versi Webometrics, Nomor Satu Ada di Jogja

Universitas Gadjah Mada (UGM) di Yogyakarta - uq.edu.au
31 Januari 2021 12:57 WIB Nyoman Ary Wahyudi News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA — Webometrics merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Indonesia, yang dirilis pada Januari 2021. Universitas Gadjah Mada (UGM) menempati tingkat pertama.

“Pada pemeringkatan Webometrics yang dirilis baru-baru ini UGM menempati peringkat 1 di Indonesia dan peringkat 810 dunia. Posisi ini merupakan hasil dari perbaikan di segala bidang yang dilakukan secara berkesinambungan oleh UGM,” tutur Rektor UGM Panut Mulyono lewat keterangan resmi yang dilihat Bisnis pada Minggu (31/1/2021).

Setelah UGM, Institut Pertanian Bogor (IPB) berada di posisi kedua universitas dalam negeri terbaik. Sementara, IPB berada di peringkat 1.088 dalam lingkup global.

Baca juga: Jerman Berlakukan Lockdown Panjang untuk Tekan Covid-19

Pada rangking ketiga nasional ditempati Institut Teknologi Sepuluh November. Adapun, Institut Teknologi Sepuluh November berada di posisi 1.089 dunia.

Rangking ke-4 perguruan tinggi terbaik dalam negeri diduduki oleh Universitas Indonesia. Dalam lingkup internasional, Universitas Indonesia berada di posisi 1.315.

Melansir dari laman UGM, Webometrics Ranking of World Universities sendiri diinisiasi oleh Cybermetrics Lab, sebuah kelompok riset yang menjadi bagian dari Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC), badan riset publik terbesar di Spanyol.

Baca juga: Kasus Covid-19 Indonesia Tembus 1 Juta, Usulan Lockdown Jawa-Bali Muncul

Dilakukan sejak tahun 2004, pemeringkatan ini bertujuan untuk mempromosikan open access terhadap pengetahuan yang dihasilkan oleh perguruan tinggi. Pada tahun ini, terdapat sekitar 31 ribu perguruan tinggi di lebih dari 200 negara yang masuk dalam daftar pemeringkatan.

Berdasarkan pemeringkatan Webometrics Januari 2021, berikut urutan 10 perguruan tinggi terbaik dalam negeri:

1. Universitas Gadjah Mada
2. Institut Pertanian Bogor
3. Institut Teknologi Sepuluh November
4. Universitas Indonesia
5. Universitas Airlangga
6. Institut Teknologi Bandung
7. Universitas Bina Nusantara
8. Universitas Sebelas Maret UNS Surakarta
9. Universitas Diponegoro
10. Universitas Jember

Sumber : Bisnis.com