Ilmuwan Ungkap 3 Tanda pada Kulit yang Bisa Jadi Gejala Covid-19

Kulit memar - istimewa
22 Januari 2021 12:07 WIB Mia Chitra Dinisari News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Para ilmuwan di seluruh dunia terus melakukan penelitian untuk menemukan gejala baru Viris Covid-19 yang tampak sehingga bisa segera ditangani.

Dilansir dari Expres UK, Jumat (22/1/2021) ilmuwan telah mengungkap bahwa ada beberapa tanda peringatan infeksi pada kulit. Menurut British Association of Dermatologist dan aplikasi ZOE Covid Symptom Study, ruam, bibir kering, dan gejala yang dikenal dengan covid toes dapat disebabkan oleh virus corona baru.

Veronique Bataille, konsultan dokter kulit di Inggris mengatakan bahwa penelitian yang dilakukannya bersama tim juga menunjukkan bahwa ruam lebih dapat memprediksi Covid-19 daripada demam dan batuk, terutama pada kelompok anak-anak.

“Kami menemukan bahwa satu dari enam anak mengalami ruam tanpa gejala klasik lainnya. Untuk sebagian besar, ruam Covid-19 berlangsung selama beberapa minggu dan akhirnya hilang. Dalam beberapa kasus, obat yang diresepkan mungkin diperlukan jika ruamnya sangat gatal,” katanya.

Ruam

Menurut data dari aplikasi Covid Symptom Study, beberapa pasien virus corona baru telah melaporkan bahwa mereka mengembangkan ruam tipe sarang pada kulit. Itu adalah jenis ruam Covid-19 yang paling umum, dan bisa sangat gatal

Ruam tampak sebagai gatal atau bintik yang muncul tiba-tiba pada kulit dan bisa muncul atau hilang selama beberapa jam. Sementara itu, pasien lain juga mengalami ruam seperti cacar air yang terasa seperti biang keringat.

Bibir Kering

Penelitian juga menyatakan bahwa bibir bisa menjadi sakit jika orang mengembang virus corona baru. Beberapa pasien telah melaporkan bibir kering dan bersisik yang tidak biasa, meskipun biasanya berkembang menjelang infeksi akhir. Rasa sakit akibat bibir kering juga bisa terjadi di dalam mulut.

Covid toe

Jenis ruam kulit yang paling spesifik untuk pasien Covid-19 berkembang di jari tangan dan kaki mereka. Ruam ini sering disebut chilblains dan relatif jarang terjadi sebelum adanya pandemi virus corona baru ini.

Ruam ini dilaporkan menyebabkan benjolan berwarna merah atau ungu di bagian jari tangan atau kaki. Beberapa pasien menyebut kondisi ini bisa sangat sakit. Lapisan atas kulit mungkin akan mengelupas akibat ruam, meskipun biasanya tidak gatal.

Sumber : Bisnis.com