Viral Kristen Grey: Bule Amerika yang Tinggal Bali Jadi Bahan Gunjingan Netizen

Ilustrasi turis asing yang berjemur di kawasan Pantai Kuta, Bali - Istimewa.
18 Januari 2021 19:57 WIB Ika Fatma Ramadhansari News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Kata Kristen Grey, Bule, dan Bali menjadi tiga kelompok kata yang banyak dibicarakan atau trending topic di Twitter, Senin (18/1/2021).

Seperti diketahui, bule alias warga Amerika Serikat bernama Kristen Grey mendapatkan cibiran atau jadi bahan gunjingan netizen. Salah satu penyebabnya terkait postingan dia yang mengajak warga asing untuk tinggal di Bali selama pandemi Covid-19.

Netizen mengamuk ke Kristen Grey bukan tanpa alasan. Dia diduga melakukan beberapa tindakan ilegal, misalnya tinggal di Bali lebih dari satu tahun sebagai turis serta mengajak warga asing lainnya untuk melakukan hal yang sama.

Kecaman warganet makin meluas lantaran pemerintah tengah menjalani Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jawa-Bali.

Kementerian Luar Negeri pun dari 1 Januari 2021 juga telah menerbitkan peraturan bahwa Indonesia tidak akan menerima orang asing hingga 25 Januari 2021 mendatang, dan masih ada kemungkinan untuk diperpanjang.

Seperti yang diungkapkan akun piemon (@plumziee) bahwa tindakan wanita ini mengundang orang lain melakukan hal yang sama seperti yang dia lakukan adalah tindakan yang salah dan tidak terhormat.

"Dear Kristen Gray, fakta bahwa Anda mendorong orang lain untuk pindah ke Bali dan melakukan hal itu secara ilegal adalah tindakan yang kurang terhormat. Orang Indonesia tidak peduli ras, warna kulit, identitas, maupun kelamin Anda. Namun jika kamu tidak sopan. Saya rasa tidak ada yang akan mentoleransi hal tersebut," kicau @plimziee dikutip pada Senin (18/1/2021).

Hal yang serupa diungkapkan oleh pemilik akun Twitter taka (@httpstaka) yang menyebutkan hal ini bukan masalah rasisme maupun queer phobic, melainkan tentang masuk secara ilegal ke Indonesia.

Sebelumnya, orang-orang yang membela Kristen Grey kebanyakan beranggapan amukan netizen yang diberikan kepada wanita ini adalah bentuk dari rasisme karena dia adalah orang kulit hitam.

Seperti yang diungkapkan akun Sheneka Adams (@avirgoworld), wanita berkulit hitam yang membagikan pengalamannya tinggal di Bali tengah diserang saat ini.

"Wanita kulit hitam yang berbagi pengalaman kepindahannya ke Bali sedang di serang saat ini... ini mengapa saya katakan kepada wanita berkulit hitam untuk berhenti berbagi apapun secara online. Orang-orang jahat dan tidak akan berhenti untuk mencoba menghancurkanmu. Bergeraklah secara diam," tulis @avirgoworld pada Minggu (17/1/2021).

Pemilik akun porochista khakpour (@PKhakpour) mengungkapkan merasa kasihan kepada Kristen Grey karena utasan yang dia buat justru menceritakan bagaimana sulitnya dia hidup di Amerika dan memilih Bali untuk tempat tinggalnya.

Terkait utas mengenai cara tinggal di Bali, warganet menyerangnya dengan ungkapan kolonialisme dan gentrifikasi. Dia juga mengatakan daripada langsung menyerangnya sebaiknya lakukan diskusi terlebih dahulu dengan Kristen Grey ini.

"Maaf, tapi wanita kulit hitam queer muda membuat utasan disini tentang pindah ke Bali setelah mengalami stres dari beberapa tahun di Amerika dan Anda semua menyerangnya dan mengatakan bahwa tindakannya gentrifikasi dan kolinialisme? Ya Tuhan. Beberapa diantara kalian butuh waktu untuk online," ungkapnya.

Sumber : Bisnis.com