2020, PLN Kembangkan Hutan Wisata Kendal dan Taman Edukasi Turgo

CSR PLN di Kendal. - Istimewa
14 Januari 2021 19:27 WIB Media Digital News Share :

Harianjogja.com, JOGJA—PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah II menunjukkan komitmennya dalam turut serta mendukung upaya-upaya pelestarian alam melalui pelaksanaan program Corporate Social Reponsibility (CSR) di dua kawasan sepanjang 2020.

Program yang dilakukan berupa pemanfaatan lahan untuk dikembangkan menjadi kawasan edukasi dan wisata alam. Program sekaligus ditujukan untuk mendorong tumbuhnya usaha-usaha ekonomi yang saling merangkai dan menunjang kegiatannya agar dapat meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar lokasi hutan wisata tersebut.

Berlokasi di Dusun Kalisuren, Desa Sidodadi, Kecamatan Patean, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah memberikan bantuan sebesar Rp200 juta yang telah diberikan manajemen PLN UIP JBT II sebagai wujud kepedulian PLN untuk pengembangan Hutan Edukasi Kendal yang berada di hamparan tanah seluas 10 hektare.

Tanah yang kepemilikannya merupakan tanah kas desa ini dikelola oleh masyarakat Sidodadi dan digarap secara terpadu, artinya para pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas di dalam satu kawasan.

Pengunjung dapat sekadar jalan-jalan atau menginap dengan banyak materi edukasi yang disajikan. Sesudahnya para pengunjung dapat membeli oleh-oleh seperti aneka bibit tanaman, hewan ternak kecil ataupun suvenir yang sudah disediakan.

Turgo
Beberapa spot yang dibangun di Kawasan Hutan Edukasi Kendal ini adalah hutan edukasi, bumi perkemahan, kolam ciblon, kolam pancing, jalur gledegan dan jalur kuda. “Terima kasih pada PLN atas bantuan dan perhatiannya. Semoga membawa manfaat untuk mendidik masyarakat tentang pentingnya pelestarian alam dan menggerakkan ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Di lokasi lain yakni di Turgo, Purwobinangun, Pakem, Sleman juga telah diberikan bantuan sebesar Rp100 juta. Lahan sebesar empat hektare yang terletak di lereng Gunung Merapi sebelah selatan ini sedang dibangun Taman Edukasi dan Taman Bunga Turgo.

Berlokasi di jalan utama Turgo, lahan tersebut akan dibagi menjadi beberapa bagian yaitu rumah limasan tempat singgah, tempat edukasi usaha (jamur tiram, rumah cacing, rumah magoot BSF, dan kandang kelinci), taman bunga, dan pengembangan tanaman hidroponik.

“Alhamdullilah terima kasih PLN atas bantuannya. Semoga bisa memberikan edukasi kepada masyarakat yang berkunjung ke sini dan juga menggerakkan masyarakat Turgo untuk menggagas berdirinya Taman Edukasi Turgo,” tutur Ketua Pengurus Taman Bunga Daarus Selamat, Purwo Subagyo, yang juga sehari-hari mengelola pondok pesantren tersebut.

Senior Manager Pertanahan dan Komunikasi PLN UIP JBT II, Akhmad Imron Rosyadi, menyampaikan sepanjang 2020 PLN telah menyampaikan bantuan-bantuan CSR kepada masyarakat dalam berbagai sektor salah satunya sektor pelestarian alam yaitu hutan edukasi dan wisata Kendal dan Taman Edukasi Turgo.

“Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk turut berperan serta dalam menjaga keseimbangan alam sekaligus sebagai sarana edukasi. Mudah-mudahan bantuan kami mampu memberikan nilai positif dan juga dapat semakin membuka peluang peningkatan kondisi ekonomi masyarakat sekitar,” paparnya dalam rilis kepada Harian Jogja, Kamis (14/1/2021). (ADV)