Advertisement

Besok Rabu, Presiden Jokowi Disuntik Vaksin Covid-19 Sinovac

Novita Sari Simamora
Selasa, 12 Januari 2021 - 09:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Besok Rabu, Presiden Jokowi Disuntik Vaksin Covid-19 Sinovac Presiden Jokowi akan disuntik vaksin virus corona (Covid-19) Sinovac pada Rabu (13/1/2021). - ilustrasi

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Mulai besok, Rabu (13/1/2021), vaksinasi Covid-19 di Indonesia akan dilakukan. Langkah ini ditempuh untuk memutus rantai pandemi. 

Presiden Jokowi akan menjadi orang yang paling pertama disuntik vaksin virus corona (Covid-19) dari Sinovac, sebagai tanda bahwa vaksinasi dimulai.

Advertisement

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan bahwa vaksinasi virus corona akan dimulai pada Rabu. Pemerintah akan melakukan vaksinasi setelah BPOM merilis izin penggunaan darurat (EUA) vaksin Sinovac di Indonesia.

Dia mengungkapkan jumlah orang yang terinfeksi virus corona semakin banyak usai liburan akhir tahun.

Baca juga: Hari Pertama PPKM, Puluhan Relawan Dikerahkan untuk Penyemprotan Disinfektan

"Vaksinasi akan dimulai Rabu. Pemerintah tidak akan mendahului BPOM, kita tidak akan melakukan vaksinasi sebelum persetujuan dari BPOM keluar," ungkapnya, Selasa  (12/1/2021).

Sebelumnya, Kepala BPOM Penny K. Lukito mengungkapkan bahwa penerbitan EUA dilakukan setelah pihaknya melakukan kajian terhadap uji klinis fase III vaksin Covid-19 Sinovac yang dilakukan di Bandung. Selain itu, BPOM juga mengkaji hasil uji klinis vaksin Sinovac yang dilakukan di Turki dan Brasil.

Penny menyatakan bahwa vaksin Sinovac telah menunjukkan kemampuan dalam pembentukan antibodi dan kemampuan antibodi di dalam tubuh untuk membunuh atau menetralkan virus atau imunogenisitas.

Baca juga: Tempat Usaha Ngeyel Lebihi Jam Operasional saat PTKM, Ini Tindakan Petugas..

"Hasil uji klinis di Bandung menunjukkan imunogenisitas yang baik," kata Penny dalam keterangan pers, Senin (11/1/2021).

Tingkat kemanjuran atau efikasi vaksin virus corona (Covid-19) berdasarkan hasil uji klinis di Bandung ialah 65,3 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Cek Jadwal dan Lokasi Bus SIM Keliling Bantul Sabtu 27 April 2024

Bantul
| Sabtu, 27 April 2024, 06:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement