Benarkah Benda yang Ditemukan di Kotawaringin Bangkai Pesawat AirAsia? Ini Kata KNKT

AirAsia - Bloomberg
05 Januari 2021 20:17 WIB Anitana Widya Puspa News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Sebuah benda besar yang ditemukan di Kotawaringin, Kalimantan Tengah diduga bangkai pesawat milik AirAsia. Meski demikian, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) hingga kini belum bisa memastikan dan mengkonfirmasi hal tersebut.

Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono mengatakan temuan tersebut masih dikaji oleh tim dan belum bisa menyebutkan secara pasti puing besar yang diduga merupakan bangkai dari bagian badan pesawat.

“Belum bisa dipastikan dan terkonfirmasi. Kami tidak berani menginformasikan bahwa bangkai tersebut adalah pesawat AirAsia,” ujarnya, Selasa (5/1/2021).

Baca juga: Tahun Ini, Disdik Sleman Ajukan 1.108 Formasi P3K

Adapun Warga Dusun Teluk Ranggau, Desa Sungai Cabang, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah (Kalteng) sempat digegerkan dengan temuan benda besar. Benda tersebut mirip bangkai pesawat diduga bangkai AirAsia.

Rekaman video bangkai pesawat tersebut diunggah di Facebook @andi andisukandi. Temuan itu sudah dilaporkan ke Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk diproses lebih lanjut. Penemuan diduga puing badan pesawat di Dusun Teluk Raggau, Desa Sugai Cabang, karena di pantai tersebut sedang musim gelombang. Tidak tertutup kemungkinan diduga puing pesawat tersebut hanyut terbawa arus hingga sampai ke lokasi Dusun Teluk Raggau.

Baca juga: Merapi Dinyatakan Masuki Fase Erupsi 2021, Begini Penjelasan Lengkap BPPTKG

KNKT telah menerima informasi penemuan puing tersebut pada Senin (4/1/2021). Tim akan menganalisis puing logam yang saat ini ditarik ke Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kumai itu.

Sempat beredar kabar puing tersebut merupakan bagian potongan dari pesawat AirAsia QZ8501 yang jatuh di perairan Selat Karimata pada 2014. Namun, puing tersebut sudah tidak ada cat dan logonya.

Sebelumnya, tim gabungan juga sudah mengecek penemuan puing logam yang diduga bagian dari badan pesawat. Tim gabungan masih memastikan puing tersebut merupakan badan pesawat AirAsia QZ8501 yang jatuh pada 2014 atau bukan.

Sumber : Bisnis.com