Vaksin Corona Moderna Picu Efek Samping bagi Mereka yang Pernah Filler Wajah

Vaksin Moderna
27 Desember 2020 05:37 WIB Mia Chitra Dinisari News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Vaksin COVID Moderna dilaporkam menimbulkan efek samping bagi mereka yang pernah melakukan filler wajah.

Menurut panitia uji coba klinis, beberapa peserta uji coba dengan filler sudah mengalami efek samping. Seorang dokter kulit yang berbasis di California mengatakan reaksinya adalah imunologis.

"Sistem kekebalan Anda yang menyebabkan peradangan meningkat ketika Anda mendapatkan vaksin, begitulah seharusnya bekerja," kata Dr. Shirley Chi, yang mencatat bahwa efek sampingnya mudah diobati oleh tenaga medis dilansir dari Fox News.

"Jadi masuk akal jika Anda akan melihat respons kekebalan di area tertentu di mana mereka melihat beberapa zat yang bukan merupakan zat yang terjadi secara alami di tubuh Anda." Tambahnya.

Dia mengatakan, bagaimanapun, bahwa efek samping seharusnya tidak menghentikan orang untuk mendapatkan vaksin.

"Dalam kasus ini semua pasien mengalami pembengkakan dan peradangan di area yang diberi filler," kata Chi.

"Beberapa pasien menjalani filler pipi enam bulan sebelum vaksin mereka dan satu pasien menjalani filler bibir dua hari setelah vaksin. Semua diobati dengan steroid dan antihistamin dan semua reaksi mereka teratasi."

Vaksin COVID-19 Moderna menerima persetujuan dari FDA pada hari Jumat, menawarkan alternatif dari Pfizer dan BioNTech.

Keduanya bekerja "lebih baik dari yang kami hampir berani harapkan," Direktur NIH Dr. Francis Collins mengatakan

Hasil awal dari studi besar yang belum selesai menunjukkan bahwa kedua vaksin tampak aman dan sangat protektif meskipun Moderna lebih mudah, karena tidak perlu disimpan pada suhu yang sangat beku.

Sumber : Bisnis.com