Prancis Gratiskan Vaksin Covid-19 untuk Semua Warga

Kandidat vaksin Pfizer - JIBI/Bisnis.com
04 Desember 2020 12:07 WIB John Andhi Oktaveri News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Prancis menggratiskan vaksin Covid-19 untuk semua warga melalui sistem jaminan sosialnya dan telah mengalokasikan sekitar €1,5 miliar (US$1,82 miliar) dari anggaran jaminan sosial tahun depan untuk menutupi biaya tersebut.

Perdana Menteri Prancis Jean Castex mengumumkan strategi vaksinasi  Covid-19 di Prancis bersama beberapa menteri dalam pemerintahannya, menegaskan vaksinasi tidak akan diwajibkan, tetapi mendesak sebanyak mungkin orang untuk mendapatkan suntikan itu.

Covid-19, yang disebabkan oleh virus Corona baru, telah membunuh lebih dari 1,5 juta orang secara global dan lebih dari 54.000 di antaranya di Prancis, sehingga turut menjerumuskan ekonomi dunia.

"Mobilisasi yang luar biasa di seluruh dunia telah memungkinkan perkembangan vaksin yang cepat. Akan tetapi, jangka waktu ini sama sekali tidak berarti bahwa kami telah membahayakan keselamatan," kata perdana menteri tersebut seperti dikutip channelnewsasia.com, Jumat (4/12/2020).

Dia menambahkan, bahwa vaksin yang didistribusikan di Prancis aman.

Mendapatkan vaksin juga tentang melindungi orang lain. Ini adalah pilihan kepercayaan, kita harus sebanyak mungkin mendapatkan vaksin, katanya.

Pada Rabu (2/12/2020), Inggris menjadi negara Barat pertama yang menyetujui vaksin Covid-19 setelah  mendapatkan pasokan dari pembuat obat AS Pfizer dan mitranya dari Jerman BioNTech dan menargetkan sekitar 800.000 dosis awal pada awal Desember untuk anggota populasinya yang rentan.

Castex mengonfirmasi bahwa kampanye vaksinasi akan dimulai dalam beberapa minggu, menunggu persetujuan regulasi oleh European Medicines Agency.

Sedangkan, program inokulasi akan dilakukan pada tiga kategori orang dan disebarkan sepanjang 2021, katanya.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia