Advertisement

Mahfud MD Pastikan RS Ummi & Mer-C Akan Dimintai Keterangan Terkait Rizieq

Mia Chitra Dinisari
Senin, 30 November 2020 - 03:17 WIB
Sunartono
Mahfud MD Pastikan RS Ummi & Mer-C Akan Dimintai Keterangan Terkait Rizieq Mahfud MD - Bisnis/Rayful Mudassir

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Menkopolhukam Mahfud MD menyatakan pemerintah akan meminta keterangan dari Rumah Sakit UMMI dan Mer-C. Kedua instansi tersebut diduga terlibat soal kondisi kesehatan Rizieq Shihab. Mahfud menjelaskan bahwa permintaan keterangan belum tentu dinyatakan bersalah. 

Mahfud juga menyinggung keberadaan Mer-C. Pasalnya lembaga itu disebut tidak memiliki laboratorium dan tidak terdaftar dalam jaringan yang memiliki kewenangan melakukan tes.

Advertisement

“Mungkin hanya dimintai keterangan jam berapa datang apa yang diperlihatkan, siapa saja yang masuk dan sebagainya. Jadi tidak harus dianggap dia melanggar UU,” terangnya.

BACA JUGA : Rizieq Keluar Rumah Sakit tanpa Hasil Pemeriksaan

Mahfud juga menyatakan pemerintah akan melakukan tindakan tegas bagi siapapun yang melanggar ketentuan yang membahyakan keselamatan dan kesehatan masyarakat.

Terkait dengan itu, katanya, pemerintah juga menegaskan akan terus dilakukan proses2 hukum sesuai dengan hukum yang berlaku demi kebaikan bersama dan dalam rangka tugas negara dan pemerintah untuk melaksanakan upaya tujuan negara.

Dia memaparkan, berdasarkan UU 36 tahun 2009 tentang kesehatan memang ada ketentuan ada hak pasien untuk meminta agar catatan kesehatannya tidak dibuka. Tetapi, disini berlaku dalil bahwa jika ada hukum khusus maka ketentuan umum tidak harus diberlakukan.

Selanjutnya, tambahnya, juga ada ketentuan khusus bahwa dalam keadaan tertentu menurut UU Nomor 29 tahun 2004 tentang praktik kesehatan dan UU 4 tahun 1984 tentang wabah penyakit menular, maka medical record bisa dibuka dengan alasa-alasan tertentu.

BACA JUGA : Tes Swab, Rizieq Shihab Kabur dari RS Ummi Bogor

"Bahkan juga siapa yang menghalangi petugas untuk melakukan upaya menyelamatkan masyarakat maka siapapun bisa dikenakan pasal 212 dan 216 KUHP," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement