Advertisement

Sentilan Megawati kepada Nadiem: Banyak Anak Pintar di Desa Enggak Bisa Sekolah

Setyo Aji Harjanto
Selasa, 24 November 2020 - 20:27 WIB
Budi Cahyana
Sentilan Megawati kepada Nadiem: Banyak Anak Pintar di Desa Enggak Bisa Sekolah Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dalam pengumuman gelombang ketiaga 75 pasangan calon yang diusung PDIP di Pilkada Serentak 2020, Selasa (11/8/2020). - JIBI/Bisnis.com/Nancy Junita

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Presiden Ke-5 Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri menyentil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim saat menjadi pembicara dalam pembukaan pameran daring Bung Karno dan Buku-Bukunya, Selasa (24/11/2020).

Megawati mengeluhkan banyak anak-anak Indonesia yang pintar namun tidak bisa sekolah. Dia pun mempertanyakan negara harus bagaimana menyikapi hal ini. Dalam acara tersebut juga hadir Nadiem Makarim sebagai pembicara.

Advertisement

"Pak Nadiem di desa-desa banyak anak pintar tapi enggak bisa sekolah ini negara harus bagaimana saya yang ngomong sama Presiden," kata Megawati.

Dia pun menjelaskan di Papua, Maluku, banyak anak-anak pintar namun tidak mendapatkan akses pendidikan.

"Di Papua di Maluku ada tapi enggak bisa sekolah ini mau diapakan gitu loh," ujarnya.

Megawati pun menyarankan agar mengumpulkan orang tua asuh agar anak-anak pintar tersebut bisa mengakses pendidikan.

"Coba kumpulkan Pak Nadiem coba banyak orang kan yang jadi bapak atau ibu asuh bagaimana caranya mengakses itu, coba pikir coba deh saya bukan menggurui itu yang saya lakukan," kata Megawati.

Sementara itu, masih di acara yang sama Megawati juga mengeluhkan banyaknya orang asing yang terlibat dalam pembangunan di Indonesia belakangan ini.

Dia mengatakan bukannya dirinya anti-asing, namun dia mempertanyakan apakah tidak ada orang Indonesia yang cukup pintar untuk dijadikan konsultan atau pelaksana proyek.

"Saya suka protes bukan saya anti asing bayangkan mau bikin ini aja konsultan orang asing, kalau sudah yang bikin orang asing, kayak enggak ada orang pintar di republik ini ya," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Masa Jabatan Lurah Diperpanjang, Apdesi Bantul: Harus Dioptimalkan Untuk Peningkatan Kinerja Lurah

Bantul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement