Advertisement

KRL Pengganti Prameks Terus Disempurnakan, Peluncuran Mundur

Herlambang Jati Kusumo
Kamis, 12 November 2020 - 13:07 WIB
Budi Cahyana
KRL Pengganti Prameks Terus Disempurnakan, Peluncuran Mundur Ilustrasi - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—PT Kereta Api Indonesia (persero) yang membawahkan PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) terus menguji coba kereta rel listrik (KRL) di Jogja untuk penyempurnaan.

Manajer Humas PT KAI Daop 6 Jogja Eko Budiyanto mengatakan uji coba terus berlangsung.

Advertisement

BACA JUGA: Viral karena Bernyanyi Sambut Habib Rizieq, Prajurit TNI AU Ditahan Polisi Militer

“Masih perlu penyempurnaan, sehingga soft launching yang sedianya berlangsung awal November harus mundur. Proyek ini juga milik Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan. Operatornya adalah PT KCI,” ujar Eko, Kamis (12/11).

Eko mengatakan uji coba dan telah dimulai sejak Rabu (4/11/2020) yang lalu dari Prambanan ke Klaten, dan dilanjutkan untuk Lempuyangan ke Klaten.

“Pada intinya bertahap, dan terus berlangsung baik sarana dan prasaranya. Seperti apa saja kekurangannya, bagaimana buka pintu, daya listriknya bagaimana, treknya karena keselamatan dan kenyamanan penumpang menjadi yang utama,” ujarnya.

BACA JUGA: Pemkab Bantul Akan Terapkan Zonasi untuk Penerbangan Layang-layang

Sebelumnya, Direktur Utama KCI, Wiwik Widayanti mengatakan siap menerima penugasan dari KAI. “Selama masa awal pengelolaan kereta lokal oleh KAI Commuter, petugas di stasiun maupun di dalam kereta senantiasa melakukan sosialisasi tata tertib serta aturan yang berlaku,” ucapnya.

Aturan ini antara lain barang bawaan yang diperbolehkan yaitu dengan dimensi ukuran 100 cm x 40 cm x 30 cm, serta tidak diperkenankan makan dan minum di dalam kereta. Berbagai protokol kesehatan yaitu wajib menggunakan masker, mencuci tangan sebelum dan sesudah naik kereta, serta menjaga jarak juga selalu diingatkan kepada pengguna.

Pada tahap awal, pelanggan KA Lokal akan dilayani oleh petugas yang lebih lengkap dengan kehadiran petugas pengawalan kereta (walka) dan passenger service. Walka bertugas menjaga ketertiban dan keamanan di dalam kereta selama perjalanan. Sementara, passenger service akan memberi layanan informasi dan kebutuhan-kebutuhan lainnya dari pelanggan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Dapat Bantuan Dana Rp14 Miliar, Ini Ruas Jalan yang Akan Diperbaiki Pemkab Gunungkidul

Gunungkidul
| Kamis, 25 April 2024, 17:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement