Advertisement

Pemerintah Apresiasi Peluncuran Grab Tech Center untuk Digitalisasi UMKM

Newswire
Selasa, 10 November 2020 - 23:37 WIB
Sunartono
Pemerintah Apresiasi Peluncuran Grab Tech Center untuk Digitalisasi UMKM Peluncuran Grab Tech Center. - Antara.

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Grab secara resmi meluncurkan pusat inovasi talenta digital Grab Tech Center di Jakarta, yang akan membawa teknologi Indonesia ke seluruh Asia Tenggara. Pemerintah melalui sejumlah kementerian memberikan apresiasi peluncuran pusat teknologi tersebut.

President of Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata, mengatakan Grab Tech Center ditujukan untuk meningkatkan kapabilitas talenta teknologi di Indonesia. "Pusat inovasi baru ini akan menaungi talenta teknologi terbaik di Tanah Air untuk membangun serangkaian solusi untuk menjawab kebutuhan masyarakat," ujar Ridzki dalam acara peluncuran virtual, Selasa.

Advertisement

Menempati lahan lebih dari 12.000 meter persegi, Grab Tech Center menjadi pusat inovasi Grab di kawasan Asia Tenggara untuk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). "Grab Tech Center adalah wujud dukungan kami terhadap jutaan UMKM sebagai tulang punggung ekonomi yang tersebar di Asia Tenggara," kata Ridzki.

BACA JUGA : 100 Mitra Grab dilatih jadi Duta Wisata 

Menurut Ridzki, saat ini baru 16 persen UMKM yang masuk ke dalam platform digital. Bahkan, pada awal tahun ini masih sekitar 13 % UMKM yang masuk ke dalam platform digital. Grab Tech Center ini akan fokus untuk memberikan solusi kepada UMKM, mentransformasikan bisnis ke digital dan mengakses pelanggan yang belum di dapat diakses sebelumnya.

"Saat ini di dalam platform di Indonesia tidak kurang dari 6 juta UMKM sudah menjalankan usahanya melalui platform kami. Kami akan tambahkan 5 juta UMKM lagi dalam lima tahun ke depan," ujarnya.

Dalam kesempatan itu pihaknya juga meresmikan aula BJ Habibie Hall, nama presiden ketiga RI sekaligus tokoh teknologi bangsa. Ruang tersebut dibangun sebagai wadah edukasi dan kolaborasi bagi para cendikiawan dan para pembuat kebijakan di bidang teknologi, akademi dan bisnis.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan menyambut baik dibukanya Grab Tech Center. Para investor memainkan peran penting dalam membantu mewujudkan misi Making Indonesia 4.0 guna menjadikan Indonesia sebagai negara dengan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara.

“Kami butuh dukungan dari mitra seperti Grab yang berkomitmen tidak hanya dari segi permodalan, tetapi juga sumber daya untuk mendorong pengembangan talenta dan infrastruktur digital,” ucapnya. 

BACA JUGA : Grab Gelar Webinar di Jogja untuk Dukung Kaum Muda Mulai

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, Airlangga Hartarto menyatakan dalam rangka memperingati Hari Pahlawan pihaknya ingin memberi penghormatan kepada pelaku UMKM. Karena UMKM memegang kunci pemulihan ekonomi Indonesia sehingga digitalisasi harus segera dilakukan. Ia menilai Grab telah menjadi mitra strategis bagi pemerintah Indonesia yang secara konsisten membantu mendorong agenda transformasi berbagai platform digital.

"Membekali UMKM dengan solusi teknologi yang tepat untuk menavigasi dinamika bisnis online sangatlah penting, dan saya mengapresiasi peluncuran pusat teknologi untuk menjawab beragam kebutuhan para UMKM,” katanya.

Managing Director of Grab Indonesia, Neneng Goenadi, mengatakan Grab Tech Center akan fokus pada pengembangan serangkaian perangkat yang mudah digunakan dan dapat diandalkan untuk membantu UMKM di Tanah Air bertransformasi dan bertumbuh secara online.

"Indonesia merupakan tempat yang ideal bagi kami untuk merancang, menguji coba dan menginkubasi solusi tersebut, di mana terdapat lebih dari 64 juta UMKM di seluruh nusantara. Dengan kepadatan mencapai 22 UMKM per 100 orang," ucapnya.

BACA JUGA : Grab Bakal Luncurkan Grab Health dan Grab Insurance

Solusi yang dirancang untuk menjawab kebutuhan UMKM lokal, diterapkan ke negara lainnya di Asia Tenggara untuk membantu UMKM di negara tersebut. Pihaknya telah membuka pusat penelitian dan pengembangan atau R & D di Jakarta sejak 2017 lalu. "Kami juga berinvestasi untuk mengembangkan generasi unicorn Indonesia yang berikutnya," kata Neneng.

Selain itu, memiliki berbagai inisiatif untuk membangun generasi pemimpin Indonesia selanjutnya, melalui program seperti Internal Future Leaders dan juga Tech Future Leaders yang didedikasikan untuk talent lokal di luar karyawan.

“Keyakinan kami bahwa teknologi dapat membawa kebaikan untuk meningkatkan kualitas hidup dan penghasilan jutaan orang. Tekad kami untuk membangun masa depan yang sejahtera untuk seluruh masyarakat Indonesia," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Bandara YIA Xpress Sabtu 27 April 2024, Tiket Rp50 Ribu

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 02:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement