Sadar Protokol Kesehatan, Kepatuhan Terhadap Penggunaan Masker Meningkat

Ingat Pesan Ibu, Jangan Lupa Pakai Masker. - Harian Jogja/Dok
04 November 2020 08:47 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, TULUNGAGUNG - Kepatuhan masyarakat di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, dalam menggunakan masker saat beraktivitas di jalan raya menunjukkan tren peningkatan.

Hal ini ditandai dengan terus menurunnya jumlah pelanggar yang terjaring operasi yustisi polisi selama kurun dua pekan terakhir, 18-31 Oktober.

Sebagaimana diungkapkan Kabid Penegakan Perda dan Perbub Satpol PP Tulungagung, Artista Nindya Putra, Selasa, saat ini jumlah pelanggar protokol kesehatan hanya di kisaran empat hingga lima orang per harinya.

"Dari awal operasi yustisi, per harinya ada sekitar 30-40 orang terjaring, kini hanya berkisar 4-5 orang per hari," kata Artista Yudha.

Total ada 631 pelanggar. Dari jumlah itu, 584 orang di antaranya sudah membayar denda, 47 orang dikenai sanksi sosial dan sisanya sebanyak 10 orang belum bayar denda yang ditentukan.

"Yang masuk ke kas daerah baru 520 pelanggar. Jadi yang belum membayar sebanyak 64 pelanggar," ujar Kabid Penegakan Perda dan Perbub Satpol PP Tulungagung, Artista Nindya Putra.

Untuk pelanggar, biasanya menyerahkan kartu identitasnya sebagai jaminan. Namun diakui bagi pelanggar yang belum membayar denda, ada yang menggunakan identitas yang sudah kadaluwarsa, seperti SIM yang sudah mati. Sehingga dimungkinkan kartu itu tidak akan diambil dan tidak membayar denda.

"Ada juga yang menyerahkan SIM mati, kalau itu biasanya tidak diambil," katanya.

Sumber : Antara