Advertisement

Luhut Minta Bio Farma dan BPPT Segera Produksi Alat Rapid

Thomas Mola
Sabtu, 03 Oktober 2020 - 11:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Luhut Minta Bio Farma dan BPPT Segera Produksi Alat Rapid Menko Kemaritiman Luhut Pandjaitan - Antara/Sigid Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Guna memenuhi kebutuhan pemeriksaan dalam negeri, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan  meminta BPPT dan Bio Farma segera memproduksi alat PCR tes dan tes rapid.

“Sekarang kita lihat BPPT dan Bio Farma untuk menyusun list apa saja yang dibutuhkan dan impor produk apa saja yang kita batasi,” ujar Luhut dalam keterangan resmi, Sabtu (3/10/2020).

Advertisement

Luhut menegaskan kapasitas produksi domestik dapat terserap terlebih dahulu. Impor dilakukan jika produksi dalam negeri tidak mencukupi. Untuk itu, pemerintah akan mendorong BUMN untuk investasi pada bidang tersebut.

Dia juga meminta Menteri Perindustrian Agus Gumiwang untuk mendorong industri dalam negeri masuk ke sektor farmasi. Secara teknis, kata Luhut, alat tes PCR Bio Farma sudah bisa diproduksi sebanyak 1,5 juta dan bisa naik 3,5 juta per bulan.

“Tapi yang betul-betul mesti diperhatikan adalah stok reagennya. Reagen ini saya minta Pak Honesti [Dirut Bio Farma] untuk juga produksi dalam negeri. Produksi dalam negeri masih terbatas, sekarang bagaimana kita tingkatkan kapasitas itu,” tambah Luhut.

Baca Juga: Pengelola Objek Wisata Tak Patuh Protokol Kesehatan di Bantul Kena Tegur

Reagen diperlukan untuk ekstraksi dalam pengecekan spesimen. Reagen berisi sejumlah senyawa kimia untuk mendeteksi SARS-CoV-2, virus penyebab penyakit Covid-19.

Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Hammam Riza mengatakan tim gugus tugas BPPT untuk riset inovasi Covid-19 telah siap memproduksi beberapa produk penilaian secara massal.

“Beberapa produk yang digunakan untuk screening seperti tes rapid telah dapat diproduksi secara massal,” ujarnya.

Bekerja sama dengan PT Prodia, PT Tempo Scan Pasific, dan PT Padma BPPT telah mampu meningkatkan produksi tes rapid hingga lebih dari 2 juta alat per bulan. “Bila kita ingin memenuhi kebutuhan yang proyeksinya 6 juta per bulan dengan asumsi 200 tes per hari kali 30 hari,” urainya.

Baca Juga: Kabar Potensi Tsunami Besar Bikin Pengunjung Warung Pantai Depok Bantul Berkurang Drastis

Hammam menjelaskan BPPT telah berhasil membuat alat tes PCR.

Alat PCR yang digagas pada Maret bersama startup biomolekuler milik Bio Farma sekarang berhasil memasuki generasi kedua dengan menggunakan metode multiplex. “Ini berbeda dengan simulfex karena tingkat akurasi dan kecepatannya,” papar Hammam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Disbud DIY Rilis Lima Film Angkat Kebudayaan Jogja

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 19:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement