Ngeri! Zona Merah Covid-19 Bertambah 17 Daerah dalam Sepekan

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Profesor Wiku Adisasmito. JIBI - Bisnis/Nancy Junita
22 September 2020 21:47 WIB Muhammad Khadafi News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Jumlah zona merah virus Corona atau wilayah dengan tingkat risiko penularan tinggi Covid-19 kembali bterambah. Per 20 September 2020, jumlahnya menjadi 58 kabupaten/kota, setelah pekan sebelumnya turun menjadi 41 kabupaten/kota.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan bahwa ada 38 kabupaten/kota yang statusnya naik dari zonasi risiko sedang menjadi tinggi.

Seluruh wilayah ini tersebar di provinsi Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Sumatra Selatan, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Banten, Bali, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Gorontalo, Papua, dan Papua Barat.

Pada periode yang sama zona risiko sedang atau oranye juga mengalami kenaikan atau dari 293 kabupaten/kota menjadi 304 kabupaten kota. Wiku mengatakan bahwa ada 47 kabupate/kota dengan perubahan zonasi risiko rendah menjadi sedang.

“Jadi posisinya memburuk,” kata Wiku, Selasa (22/9/2020).

Hal ini diikuti dengan penurunan zona risiko rendah Covid-19 atau kuning dari 129 kabupaten/kota menjadi 111 kabupaten/kota. Zona hijau pun juga mengalami penurunan, baik wilayah yang tidak terdampak maupuan tidak ada kasus baru.

Zona hijau dengan kriteria tanpa kasus baru berkurang dari 29 kabupaten/kota menjadi 21 kabupaten/kota. Pada saat yang sama zona hijau tidak terdampak berkurang dari 22 kabupante/kota menjadi 20 kabupaten/kota/

Adapun selama satu pekan terakhir hingga tanggal 20 September 2020 kasus positif Covid-19 di Indonesia naik 8,4 persen dibandingkan dengan pekan sebelumya. Jawa Barat menjadi kontributor utama.

Satgas Covid-19 juga melaporkan kenaikan kematian pasien terkonfirmasi positif virus Corona sebesar 18,9 persen selama satu pekan dibandingkan dengan pekan sebelumnya. Sementara itu pasien sembuh selama satu pekan terakhir naik 35,8 persen dibandingkan pekan sebelumnya.

Sumber : Bisnis.com