Advertisement

Gempa Guncang Dieng dan Sekitarnya

Newswire
Kamis, 03 September 2020 - 12:57 WIB
Sunartono
Gempa Guncang Dieng dan Sekitarnya Foto ilustrasi. - Antara Foto

Advertisement

Harianjogja.com, BANJARNEGARA--Gempa dengan magnitudo 2,2 yang berpusat di sekitar 14 kilometer utara Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Kamis (3/9/2020) pukul 05.00 WIB, getarannya dirasakan oleh warga Dieng dan sekitarnya menurut data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

"Sejumlah warga di Dieng dan sekitarnya merasakan getaran gempa," kata Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara Setyoajie Prayoedhie.

Advertisement

Menurut dia, gempa itu pusatnya berada di darat pada kedalaman hiposenter 10 kilometer di koordinat -7.12 Lintang Selatan dan 109.78 Bujur Timur. Berdasarkan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, ia mengatakan, gempa itu merupakan gempa jenis dangkal akibat aktivitas sesar lokal.

BACA JUGA : Senin Hari Ini, Jogja Diguncang 2 Gempa Bumi dalam 6 Jam

"Hingga saat ini, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan," katanya.

Berdasarkan pendataan dan laporan dari masyarakat, ia mengatakan, getaran gempa tersebut dirasakan di Dieng pada skala I sampai II MMI.

Pada skala I MMI getaran gempa terasa seperti ada truk sedang berlalu dan pada skala II MMI getaran dirasakan oleh orang banyak dalam rumah dan beberapa orang di luar rumah serta menyebabkan gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi.

BACA JUGA : Senin Malam, Gempa Bumi Terjadi di Kulonprogo

"Hingga saat ini belum ada laporan mengenai dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat guncangan gempa tersebut," kata Setyoajie.

Dia mengimbau warga tetap tenang. "Pastikan bahwa informasi resmi yang didapat hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Bandara YIA Xpress Sabtu 20 April 2024, Tiket Rp50 Ribu

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 04:17 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement