Covid-19 di Tanah Air Semakin Mengkhawatirkan, Begini Pesan Gus Mus dan Buya Syafii

Gus Mus - Youtube
03 September 2020 07:57 WIB Aprianus Doni Tolok News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Pandemi Covid-19 di Tanah Air semakin mengkhawatirka, salah satunya ditujukkan dengan gugurnya 100 dokter. Ulama Gus Mus mengajak semua unsur bangsa bersama-sama melawan pandemi Covid-19.

"Kesedihan mendalam terhadap wafatnya para pejuang pandemi [tenaga medis] lebih mengingatkan kita bahwa pandemi ini adalah persoalan kemanusiaan atau persoalan bersama," katanya dalam acara "Doa Bersama dan Mengheningkan Cipta untuk Keselamatan Dokter Indonesia", Rabu (2/9/2020).

Baca juga: Yang Harus Anda Lakukan Ketika Tetangga Tertular Virus Corona

Menurutnya, jika masyarakat, pemerintah, dan semua pihak terkait lainnya tidak bersatu maka gugurnya para tenaga medis tidak ada artinya.

Walhasil, tokoh muslim asal rembang bernama lengkap KH Ahmad Mustofa Bisri ini mengajak semua orang untuk patuh melaksanakan protokol kesehatan.

"Marilah kita tepati protokol kesehatan, memakai masker, menjaga jarak, dan kebersihan mencuci tangan," katanya.

Baca juga: Satgas Covid-19 Sebut Tidak Ada Area Aman Corona di Indonesia

Sementara itu, Ulama Buya Syafii Maarif menyampaikan bela sungkawa dan keprihatinan atas gugurnya ratusan tenaga medis saat melawan pandemi Covid-19.

Menurutnya, jika tenaga medis banyak yang wafat akibat pandemi berarti ada yang salah dan perlu diperbaiki dalam pemberian perlindungan bagi mereka.

"Saya berharap sesudah ini tidak ada lagi petugas kesehatan dan dokter yang harus wafat setelah dilengkapi alat pelindung diri," katanya.

Sumber : Bisnis.com