Ini Sejumlah Tokoh yang Ingin Menantang Gibran di Pilkada Solo

Gibran Rakabuming Raka - Antara/Aprilio Akbar
25 Agustus 2020 22:17 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA--Sejumlah tokoh berupaya maju di Pilkada Solo menantang Gibran Rakabuming Raka.

Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka resmi mencalonkan diri di Pilkada Kota Solo bersama pasangannya, Teguh Prakosa. Lalu, siapa saja penantang Gibran?

Diketahui, mereka yang bakal menjadi penantang Gibran di Pilkada Kota Solo berasal dari berbagai kalangan. Mulai dari penjahit, ketua RW hingga cucu raja Keraton Kasunanan Surakarta. Berikut ini profil para penantang Gibran di Pilkada Kota Solo.

1. Bagyo Wahyono - FX Supardjo (Bajo)

Bagyo Wahyono-FX Suparjo (Bajo) dikabarkan telah resmi menjadi penantang Gibran di Pilkada Kota Solo tahun 2020 melalui jalur independen. Menurut Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Solo keduanya telah mengantongi persyaratan dan dukungan mencapai 38.831 suara dari lima kecamatan di Kota Solo.

Bagyo Wahyono - FX Supardjo (Bajo) diusung oleh sekelompok masyarakat yang tergabung dalam Lembaga Tikus Pithi Hanata Baris.

Selain itu, Bajo yang berprofesi sebagai tukang jahit ini berharap masyarakat bisa mengawasi jalannya Pilkada Kota Solo terutama mereka yang mencalonkan diri dari jalur independen agar berjalan suportif dan elegan.

Bagyo yang merupakan Ketua RW ini mengatakan bahwa perjuangannya memperoleh dukungan untuk memenuhi persyaratan pencalonan diri sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo tidaklah mudah.

Ia menyebut telah berkeliling ke lima kecamatan dan mendatangi berbagai perkumpulan untuk meminta sedekah KTP alias dukungan dari warga setempat.

2. Putri Woelan dan Achmad Purnomo

Cucu Pakubuwono XII, Putri Woelan, mengutarakan rencananya untuk melawan Gibran di Pilkada Solo 2020. Selain itu, Putri Woelan juga mengakin siap mendampingi Achmad Purnomo sebagai calon wakil walikota (cawawali).

Putri Woelan mengaku ingin memberikan warna tersendiri dalam gelaran pesta demokrasi di Kota Solo. Selain itu, ia juga ingin menjaga demokrasi di tengah masyarakat.

Tak lupa, Putri Woelan juga meminta izin dan doa restu untuk mewujudkan keinginannya tersebut. Kini, Putri Woelan sedang disibukkan dengan koalisi politik sebagai 'modal tempur' saat menantang Gibran.

Meski begitu, hingga kini belum ada kabar lebih lanjut tentang pencalonan dirinya sebagai penantang Gibran di Pilkada Kota Solo tahun 2020.

Nah, itulah dua pasangan yang jadi penantang Gibran Rakabuming Raka dalam Pilkada Kota Solo.

Sumber : Suara.com