Jalan Tol Pertama di Provinsi Aceh Diresmikan Jokowi

Presiden menyampaikan sambutan saat peresmian jalan tol Sigli-Banda Aceh Seksi 4 (Indrapuri--Blang Bintang) sepanjang 14 kilometer, Selasa (25/8/2020). - Youtube
25 Agustus 2020 13:27 WIB Arif Gunawan News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA—Presiden Joko Widodo meresmikan jalan tol pertama di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, yakni seksi 4 ruas tol Sigli—Banda Aceh, Selasa (25/8/2020).

Seperti dinukil dari dari siaran langsung di kanal Youtube Sekretariat Presiden, Presiden Jokowi hadir dan mendengarkan pemaparan tentang perkembangan proyek jalan tol Trans-Sumatra.

Setelah itu Presiden memberi sambutan dan meresmikan proyek tersebut dengan seremonial penandatanganan prasasti di depan gerbang tol Blang Bintang.

Sebelumnya, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menyatakan bahwa Presiden Joko Widodo direncanakan hadir dan meresmikan tol pertama di Provinsi Aceh.

Kepala BPJT Danang Parikesit menjelaskan bahwa untuk sementara ini ruas tol yang akan diresmikan oleh Presiden yaitu bagian dari proyek jalan tol Sigli—Banda Aceh (Sibanceh).

"Sementara ini insyaallah jika tidak ada kendala akan diresmikan Presiden Jokowi yaitu jalan tol Sigli—Banda Aceh Seksi 4 [Indrapuri—Blang Bintang] sepanjang 14 kilometer pada 25 Agustus 2020 besok," ujarnya kepada JIBI, Senin (24/8/2020).

Danang menyebutkan bahwa setelah peresmian tol di Aceh, Presiden Jokowi juga direncanakan meresmikan ruas proyek tol Sumatra lainnya yaitu jalan tol Pekanbaru—Dumai.

Sebelumnya, PT Hutama Karya menyatakan bahwa perseroan telah menyelesaikan pembangunan jalan tol Trans-Sumatra (JTTS) ruas Sigli—Banda Aceh Seksi 4 (Indrapuri—Blang Bintang) sepanjang 13,5 km.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia